Honda

Resep Asli Sambal Tempoyak Lezat Khas Palembang Wajib Kamu Coba

Resep Asli Sambal Tempoyak Lezat Khas Palembang Wajib Kamu Coba

Sambal Tempoyak--IG@Felicadokter

PALEMBANG, PALPRES.COM - Tempoyak merupakan buah durian difermentasikan selama 3 - 5 hari, melibatkan bakteri asam laktat.

 

Olahan ini sangat nikmat dimasak dengan bumbu lengkap serta pelengkap.  Tempoyak juga bisa dibuatmenjadi sambal dengan cita rasa sedap dan segar.

 

Sambal tempoyak biasanya dipadukan dengan ikan mas, ikan mujair, ikan patih, ikan teri ataupun ikan-ikan lainnya.

 

Tektur tempoyak lembut karena menggunakan bahan durian yang sudah difermentasi, maka tak heran jika rasanya sedikit asam.

 

BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! 5 Pusat Oleh-oleh Khas Palembang

Pastinya memiliki aroma yang khas dan sangat pekat, Karena ada campuran duriannya, kudapan ini paling cocok dinikmati dengan sepiring nasi hangat loh!.

 

Seperti halnya pembuatan tempoyak yaitu adonan tempoyak dibuat dengan cara menyiapkan daging durian, baik durian lokal atau durian montong biasanya kurang bgus karena baniak mengandung gas dan air.

 

Nah durian yang dipilih diusahakan agar yang sudah matang atau masak, biasanya yang sudah ada airnya.Kemudian daging durian dipisahkan dari bijinya, lalu beri garam.

 

Tidak lupa ditambahkan dengan cabe rawit, yang bisa mempercepat proses fermentasi.  Dalam proses fermentasi tidak bisa terlalu lama dikarenakan akan mempengaruhi cita rasa dari tempoyak itu sendiri.

 

BACA JUGA:11 Oleh-oleh Khas Palembang, Kelima Paling Diminati

Setelah proses selesai, adonan tempoyak disimpan dalam tempat yang tertutup rapat, disimpan dalam suhu ruangan ya. Tetapi bisa dimasukan ke dalam kulkas fermentasi akan berjalan lebih lambat.

 

Tempoyak yang telah difermentasi selama 3-5 hari sangat cocok untuk dibuat sambal, karena sudah ada rasa asam dan masih ada rasa manisnya.

 

Sambal tempoyak memiliki rasa yang unik serta harum yang khas.  Rasa asam dari durian dan pedas dari cabai, serta manis dari gula, menjadi perpaduan rasa yang mengguggah selera.

 

Nah tunggu apalagi mari simak cara membuatnya, ini dia resep dan cara membuat sambal tempoyak durian paling enak.

 

BACA JUGA:Mie Celor Khas Palembang

Sambal Tempoyak

by Dhiya Awlia Azzahra

Bahan-bahan :

- Satu Mangkok sedang berisi tempoyak yang sudah difermentasi
- 1 sdt garam
- 7 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 5 buah cabe merah besar
- 4 buah cabe rawit
- 1 sdt gula pasir
- 3 sdm minyak

Cara membuatnya

- masukan ke dalam blender, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar lalu cabe rawit, blender hingga benar-benar halus.

- lalu panaskan sedikit minyak didalam teflon.  Tuang semua bumbu halus, kemudian masak hingga matang dan harum, lalu tambahkan bahan utamanya tempoyak.

 

BACA JUGA: Kuah Segar Pindang Pantin Bikin Nagih di Lidah


- Setelah itu, beri gula pasir lalu aduk hingga rata.  Masak sambal tempoyak hingga mengental dan matang.  setelah matang, pidahkan ke dalam wadah sambal.

- Sajikan sambal sebagai pelengkap makananmu,

catatan :

Tempoyak ini bisa bertahan satu tahun teman-teman, bila disimpan dalam freezer biar lebih awet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: