Honda

BPBD Muba Gandeng Basarnas, 142 Orang Diberikan Pelatihan Penyelamatan Kebencanaan

BPBD Muba Gandeng Basarnas, 142 Orang Diberikan Pelatihan Penyelamatan Kebencanaan

PJ Sekda Muba mengalungkan tanda peserta pelatihan kebencanaan oleh BPBD dan Basarnas Sumsel.-Kominfo Muba For Palpres.com-

MUBA,PALPRES.COM- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengadakan Pelatihan tentang penyelamatan kebencanaan kepada Satgas TRC.

Pelatihan itu sendiri melibatkan pihak Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palembang dalam memberikan materi, Rabu 9 November 2022 dihalaman kantor BPBD Kabupaten Muba.

BACA JUGA:BASARNAS Palembang Selenggarakan Pelatihan Potensi SAR Teknis Pertolongan Pertama, Berikut Ini Tujuannya

Kepala BPBD Muba Pathi Ridwan SE ATD MM menyampaikan, peserta yang mengikuti pelatihan tentang penyelamatan kebencanaan kepada Satgas TRC, sebanyak  142 orang, 130 dari anggota BPDB, kemudian ada dari instansi terkait, dari Kodim, Polres dan dari Kecamatan.

 

"Ada 4 kecamatan yang kita khususnya pada kesempatan ini yaitu, Kecamatan Sekayu, kecamatan Lais, Kecamatan Babat Toman, dan Kecamatan Sungai Keruh.

BACA JUGA: Cari Bocah yang Tenggelam, Basarnas Turunkan Peralatan Canggih Aqua Eye

Kecamatan ini dinilai cukup rawan terjadinya seperti tenggelam.

Semoga melalui pelatihan ini ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, serta bisa menambah kemampuan para Tim SAR untuk melakukan penyelamatan,"ujarnya.

BACA JUGA: BPBD Imbau Warga Melapor Jika Melihat Kebakaran Hutan

Selain itu, diharapkan setelah diberikan pelatihan ini bisa mengetahui dasar yang cukup sebelum terjun ke daerah bencana.

Sementara, PJ Sekda Muba Drs Musni Wijaya menambahkan, wilayah Kabupaten Musi Banyuasin ini memang dikelilingi oleh sungai yang memiliki potensi bencana saat memasuki musim hujan.

BACA JUGA: Basarnas Sumsel Cari Petani yang Tenggelam di Sungai Musi

Mengingat saat ini curah hujan cukup tinggi dan debit air juga meningkat, sehingga di perlukan antisipasi bila terjadi bencana banjir, longsor, ataupun masyarakat yang tenggelam di alur sungai musi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com