Honda

Sigap, Satlantas Polres Muba Bantu Evakuasi Pohon Tumbang Tutupi Jalan Protokol

Sigap, Satlantas Polres Muba Bantu Evakuasi Pohon Tumbang Tutupi Jalan Protokol

Angggota Satlantas Polres Musi Banyuasin melakukan pemangkasan ranting pohon yang tumbang di jalan Kolonel Wahid Udin.-Satlantas Polres Muba For Palpres.com-

MUBA, PALPRES.COM- Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, bersama Satpol PP, BPBD, Kodim 0401/Muba, dan warga mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Kolonel Wahid Udin, Kecamatan Sekayu, Muba, Sabtu 12 November 2022.

Personel Satlantas Polres Muba ini nampak turut memotong dahan serta ranting-ranting pohon yang tumbang dengan menggunakan parang meskipun masih hujan gerimis. 

BACA JUGA:Patroli Humanis Satlantas Muba Datangi SLB Negeri Sekayu, Ini yang Dilakukannya

Selanjutnya menyingkirkan dan membersihkannya dari lokasi agar aman dilalui oleh pengendara.

Kapolres Muba AKBP Siswandi melalui Kasat Lantas AKP Ricky Mozam menyampaikan, bahwa hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Muba pada Sabtu 13 November sekitar pukul 19.30 WIB, menyebabkan pohon tumbang di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muba hingga menutupi jalan.

BACA JUGA:Sosialisasi Berlalulintas Ala Satlantas Polres Muba Melalui Program KOPI LANTAS

"Sekira pukul 20.30 WIB, pihaknya mendapat laporan ada pohon tumbang yang menutupi badan Jalan akibat hujan disertai angin kencang , " kata Ricky ketika di konfirmasi, Minggu 13 November 2022.

BACA JUGA:Truk Fuso Patah As di Jalintim Palembang-Jambi, Satlantas Muba Turun Tangan

Setelan mendapat laporan, Lanjut Ricky, langsung menurunkan 4 personil yang dibantu oleh tim BPBD, Kodim 0401/Muba, Satpol PP dan warga untuk mengevakuasi pohon tersebut dengan dipangkas. 

"Beruntung tidak ada korban jiwa, tim kita juga baru selesai mengevakuasi pohon itu sekitar pukul 23.00 WIB," ucapnya. 

"Setelah kita terjunkan personel bersama tim gabungan melakukan evakuasi akhirnya pohon tumbang sekitar pukul 23.00 WIB.

Sejumlah jalan yang sempat tertutup pohon pun, kini dapat digunakan kembali oleh para pengendara” tutupnya.

Personel Polsek Muara Kelingi Bantu Warga Pindahkan Pohon Tumbang

Polres Musi Rawas (Mura) melalui Polsek Muara Kelingi merealisasikan program sekaligus inovasi Kapolres Mura AKBP Achmad Gusti Hartono, yakni Bedulur berupa, "Polisi Penolong Presisi".

 

Kali ini personel Polsek Muara Kelingi membantu warga memotong, membersihkan, sekaligus memindahkan pohon yang tumbang di Jalan Lintas Sekayu-Mura, di Desa Remayu, Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Mura, sekitar pukul 08.00 WIB, Selasa (26/7/2022).

 

BACA JUGA:Cuaca Ekstrim, BPBD Imbau Warga Waspada Banjir dan Pohon Tumbang

 

Hal tersebut dibenarkan Kapolres Mura AKBP Achmad Gusti Hartono didampingi Kapolsek Muara Kelingi AKP Hendrawan.

 

"Tadi pagi, personel kita bersama warga bekerja sama membersihkan. Sekaligus memindahkan dahan dan ranting pohon yang tumbang di jalan," kata Kapolres didampingi Kapolsek Muara Kelingi.

 

BACA JUGA:Pohon Tumbang di Prabumulih Nyaris Timpa Toko

 

Kapolres menjelaskan, membersihkan sekaligus memindahkan dahan dan ranting pohon yang tumbang di jalan dilakukan oleh PS Kanit Propam Polsek Muara Kelingi, Bripka Fery Kurniawan bersama warga dengan menggunakan alat seadanya.

 

"Apabila tidak dibersihkan, otomatis menganggu para pengguna jalan yang akan melintas," jelas Kapolres.

 

BACA JUGA:Angin Kencang Landa Pagaralam, Waspadai Pohon Tumbang!

 

Lebih lanjut ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud kedekatan dan kepedulian kepada warga. Sekaligus bentuk penerapan "Polisi Penolong Presisi".

 

Apabila ada permasalahan, gangguan di tengah masyarakat, maka polisi harus turun menolong dan membantu menyelesaikan permasalahan.

 

"Artinya, apabila ada permasalahan dan persoalan dialami masyarakat, maka jangan segan-segan untuk melapor.

 

Selain itu, keamanan dan ketertiban kiranya kita jaga bersama. Polri tanpa adanya kerja sama warga, hal tersebut tidak akan bisa terlaksana," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com