Honda

Begini Komentar Presiden Jokowi tentang Jembatan Ampera

Begini Komentar Presiden Jokowi tentang Jembatan Ampera

3. Pernah jadi Jembatan Terpanjang di ASEAN

Pembangunan Jembatan Ampera memakan waktu selama tiga tahun. Jembatan yang menghubungkan seberang ilir dan seberang ulu tersebut mulai dibangun pada April 1962 dan selesai pada tahun 1965. Jembatan Ampera kemudian diresmikan pada 30 September 1965 oleh Letjend. Ahmad Yani. 

BACA JUGA:Rencana Lift Jembatan Ampera, Tim Ahli: Tak Ada Kajian Akademis!

Jembatan merah ini memiliki panjang sekitar 1.177 meter, lebar 22 meter, dan tinggi 63 meter dari permukaan tanah. Berdiri persis di atas Sungai Musi, bagian tengah Jembatan Ampera yang berada tepat di atas Sungai Musi terbentang sepanjang 71,9 meter dengan ketinggian 11,5 meter dari permukaan air. 

Menara Jembatan Ampera memiliki rentang sejauh 75 meter dengan berat 944 ton. Hal ini menjadikan Jembatan Ampera sebagai jembatan terpanjang di ASEAN pada masanya.

4. Pembangunannya Dibiayai Jepang

Untuk membangun Jembatan Ampera, Pemerintah membutuhkan dana yang tidak sedikit pada masanya, yaitu sebesar 4,5 juta dolar Amerika. Biaya ini setara Rp 900 juta dengan kurs 1 dollar Amerika saat itu sebesar Rp 200. Benar-benar bukan biaya yang sedikit di masanya.

BACA JUGA: Proyek Jembatan Ampera Banyak Gusur Bangunan Peninggalan Belanda

Namun, karena Jepang membayarkan kompensasi Perang Dunia II kepada Pemerintah Indonesia, impian masyarakat Palembang untuk punya jembatan di atas Sungai Musi pun dapat tercapai. 

Bukan hanya biayanya saja yang berasal dari Jepang, tetapi tenaga ahli dan manufakturnya pun berasal dari Jepang. Perusahaan Fuji Mobil Manufacturing Co. Ltd. lah yang mendapat kesempatan untuk membangun Jembatan Ampera. 

5. Masuk ke Dalam Game Online Point Blank

Game animasi online Point Blank (PB) pada Maret 2017 lalu memasukkan Jembatan Ampera menjadi salah satu Map tempurnya. Dalam game ini, Jembatan Ampera merupakan Map terpanjang yang dipenuhi lorong dan tempat rahasia yang menarik untuk dimainkan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: