Honda

Kreasi Ala Emak-Emak di Lomba Masak di Lahat Berbahan Baku Ikan Lele

Kreasi Ala Emak-Emak di Lomba Masak di Lahat Berbahan Baku Ikan Lele

CICIPI : Camat Gumay Ulu, Tarmidi SSos MM didampingi Kades Tanjung Raja, Rismanto dan pengurus PKK, sedang mencicipi salah satu menu makanan berbahan baku serba ikan, Rabu 23 November 2022.-Bernat Palpres.com-

LAHAT,PALPRES.COM- Kecamatan Gumay Ulu yang diwakili Desa Tanjung Raja, pada lomba masak serba ikan menonjolkan menu makanan berupa perkedel dan otak-otak berbahan ikan lele.
 
Biasanya kedua makanan tersebut terbuat dari jagung maupun kentang, begitu pula dengan otak-otak memang bersumber bahan dasarnya ikan gabus atau tenggiri.
 
Nah, hal ini, berinovasi dan berkreasi dengan ikan lele yang notabene jarang dibuatkan tampilan seperti itu.
 
 
"Betul, untuk lomba ini, kita menggunakan tiga jenis ikan yakni, nila dimasak pepes tempoyak, patin dibuatkan pindang pegagan sedangkan bahan baku lele untuk perkedel serta otak-otak," jelas Kepala Desa (Kades) Tanjung Raja, Rismanto, Rabu 23 November 2022.
 
Rismanto menuturkan, untuk soal cipta rasanya pun tidak kalah dengan ikan-ikam mahal seperti disebutkan diatas, gurih, empuk dan lembut sekali ketika dikunyah dalam mulut.
 
 
"Makanya, kita coba berkreasi untuk mencari terobosan baru yang tidak biasa, disinilah tantangan yang dihadapi mesti dijawab melalui makanan serba ikan," ulasnya.
 
Dirinya berharap, dari sinilah ide-ide baru muncul untuk menciptakan sebuah yang berbeda, dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah.
 
 
"Indonesia pada umumnya, Kabupaten Lahat khususnya, kaya akan berbagai macam produk makanan, yang dibuat dari bahan baku ikan, non beras dan lain sebagainya," terang Rismanto.
 
Rismanto menyampaikan, dengan setiap hari mengkonsumsi ikan tentunya akan memberikan dampak positif, terutama sekali kepada anak-anak yang sedang tumbuh kembang.
 
 
"Protein yang terkandung didalam ikan ini, sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh, agar tumbuh kembang anak-anak normal dan semakin cerdas serta pandai ketika berpikir," bebernya.
 
Sementara itu, Camat Gumay Ulu, Tarmidi SSos MM menyebutkan, apa yang ditampilkan oleh TP PKK Desa Tanjung Raja ini sangat baik sekaligus menarik sekali, ikan-ikan yang biasanya hanya dimasak begitu-begitu saja, ini dibuat sangat impresif dan inovatif sekali.
 
 
"Contohnya, perkedel dan otak-otak ini, semuanya menggunakan ikan lele, tapi ketika sudah mencicipi tidak kalah dengan jenis lainnya, begitu menggugah selera lidah," sebutnya.
 
Dia meminta, tidak hanya satu desa saja, melainkan desa-desa lain diruang lingkup Gumay Ulu, mampu menciptakan menu-menu baru yang nantinya bisa ditonjolkan, baik ketika ada tamu agung ataupun perlombaan.
 
"Teruslah berkarya, buat sesuatu yang berbeda dari biasanya, siapa tahu produk yang kita kerjakan itu dilirik dan mampu membawa nama harum desa dan Kabupaten Lahat," pungkas Tarmidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: