Honda

Alokasi 20 Persen Dana Desa Untuk Ketahanan Pangan Budidaya Ikan Lele

Alokasi 20 Persen Dana Desa Untuk Ketahanan Pangan Budidaya Ikan Lele

BUDIDAYA IKAN LELE : Kades Datar Serdang, Kecamatan Kikim Timur sedang memberi makanan pada budidaya ikan lele, Senin 21 November 2022.-PEMDES DATAR SERDANG FOR PALPRES.COM-Palpres.com

LAHAT,PALPRES.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Datar Serdang, Kecamatan Kikim Timur mengalokasikan sebesar 20 persen dana desa tahun anggaran 2022 untuk program ketahanan pangan yakni, budidaya ikan lele di media kolam terpal sebanyak 15 unit.
 
 
"Ini sesuai intruksi Presiden RI, bahwa di desa-desa harus menjalankan program ketahanan pangan, dimana, Pemdes Datar Serdang sudah menjalankan program ketahanan pangan memiliki kolam terpal ikan lele," jelas Kepala Desa (Kades) Datar Serdang, Feri Anwar Dinata, Senin 21 November 2022.
 
 
Feri Anwar Dinata mengemukakan, ini merupakan hasil kesepakatan dalam musyawarah desa (Musdes), untuk mengadakan kolam terpal dengan memelihara ikan lele.
 
"Kini ikan tersebut sudah berusia dua bulan yang tak lama lagi akan panen, sedangkan pembelinya sendiri sudah ada yang menampungnya," ucapnya.
 
 
Dirinya menambahkan, selain itu juga, ditargetkan Desember 2022 sudah panen. Dimana, masyarakat desa bisa membeli ikan untuk dikonsumsi bersama keluarga.
 
"Tentunya untuk harga pokoknya dijamin tidak membuat kantong jebol, karena hasil penjualan itu sendiri, akan dikelola dan dibelikan bibit ikan lele lagi sehingga ada pemasukan bagi desa," sebut Feri Anwar Dinata.
 
Feri Anwar Dinata menambahkan, tujuan dari program ketahanan pangan ini, memang arahan langsung dari Presiden RI, Ir Joko Widodo, bahwa desa-desa harus menjalankannya dalam bentuk kemandirian yang telah tersedia.
 
 
Terutama memiliki kemandirian untuk penyediaan pangan dalam hal ini melihat potensi desa.
 
"Kami programkan ikan lele, karena cukup memiliki sumber air yang banyak, dimana, beberapa unit sumur bor yang di Insyaa Allah mengaliri untuk pengisian dari pada kolam ini, itu datangnya dari sumur bor desa," tegas Feri Anwar Dinata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: