Honda

Peneliti Muda Lanskap Suarakan Pesan Perubahan Iklim dan Penghidupan Masyarakat

Peneliti Muda Lanskap Suarakan Pesan Perubahan Iklim dan Penghidupan Masyarakat

Diskusi Lanskap (DILAN) --

BACA JUGA:Sumatera Selatan Laksanakan Konsultasi Publik Rancangan Revisi RTRW

"Menurunnya hasil produksi tersebut mengakibatkan turunnya pendapatan masyarakat, yang pada akhirnya mempengaruhi kemampuan masyarakat untuk membeli kebutuhan pangan,"ungkap Nur Arifah.

Selain Nur Arifah, beberapa peneliti muda lainnya yang tergabung dalam IPML juga menjadi narasumber Diskusi Lanskap yang dipandu oleh Kontributor I News TV Palembang Riza Pahlevi.

Diantaranya Sholihah F. Shofiyah, Fitri Musyarofah, Novia Susanti, Ahwansyah Putra, dan Uswatun Hasanah, yang menyampaikan hasil penelitiannya sesuai dengan bidang tema masing-masing.

IPML menjadi wadah kolaborasi antara peneliti ICRAF, akademisi, dan peneliti muda untuk melakukan penggalian data awal sebagai dasar bagi penyusunan intervensi dan usulan kebijakan.

BACA JUGA:Konsultasi Publik Serap Saran Lengkapi Revisi RTRW Provinsi Sumsel

Dimana untuk memastikan kebijakan yang diusulkan dan intervensi yang dilakukan tepat sasaran dan tepat guna, diperlukan penggalian data dan pemotretan kondisi lapangan baik dari aspek pengelolaan lahan, sosial, dan ekonomi.

Program IPML dimulai sejak Juli 2022, melibatkan 37 putra-putri terbaik Sumatera Selatan yang telah terpilih melalui serangkaian proses seleksi.

Para peneliti muda mengikuti proses Inkubasi sebagai ajang pembekalan PML ketika turun ke desa yang dilakukan selama kurang lebih satu bulan dengan melibatkan staf pengajar dari peneliti dan tim ICRAF serta komite dosen, dan tenaga ahli lainnya.

Selama proses inkubasi, PML tidak hanya dibekali dengan teori namun juga terkait tata cara mengunjungi desa, teknik wawancara, FGD, dan sebagainya.

BACA JUGA:Perda RTRW Harus Direvisi

Di Provinsi Sumatera Selatan, jumlah desa yang terlibat dalam kegiatan Land4Lives sebanyak 12 Desa, yakni 6 Desa di Kabupaten Banyuasin dan 6 Desa di Kabupaten Musi Banyuasin yang berada di wilayah Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Lalan Mendis dan Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) Saleh-Sugihan.

Khusus di Sumatera Selatan, kegiatan berfokus pada adaptasi  dampak perubahan iklim, sedangkan kegiatan Land4Lives di dua provinsi lainnnya (Sulawesi Selatan dan NTT), fokus kegiatan pada mitigasi dampak perubahan iklim. 

Land4Lives adalah proyek riset aksi yang berlangsung hingga 2026 dan merupakan kerja sama antara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PPN/Bappenas dan Pemerintah Kadana melalui Global Affairs Canada. Proyek ini dilaksanakan oleh ICRAF di 3 Provinsi; Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: