Honda

5 Makanan Khas Lampung yang Wajib dicicipi

5 Makanan Khas Lampung yang Wajib dicicipi

Kuliner Nusantara dar daerah Lampung-NET.-

PALEMBANG, PALPRES.COM –   Masyarakat lampung selalu membahagiakan keluarga dan kerabat dekat yang berkunjung, dalam pepatahnya Piil Pesengiri yang makna menjaga kehormatan keluarga dan berjiwa besar.

 

 

 

Orang lampung terkenal mempunyai kebiasaan untuk berkumpul bersama keluraga, ada pertemuan tak resmi disebut meput lesung artinya berkumpul sambil makan bersama.

 

 

 

Berikut 5 makanan khas Lampung serta keunikannya masing-masing.

 

 

 

1. Gulai Taboh

 

 

 

Gulai Taboh merupakan makanan khas daerah Lampung pesisir yang memiki cita rasa gurih. Makanan ini selalu disajikan saat gelaran acara adat dan menjadi menu wajib. Gulai Taboh diolah dengan bahan utama ikan laut atau ikan sungai. Ikan sungai yang digunakan biasanya adalah mujair yang sebelumnya telah diasap semalaman atau disebut iwa tapa semalam.

 

 

 

 Jika menggunakan iwa tapa semalam, campuran gulai taboh hanya dibumbui keluak saja. Namun, apabila bahan utamanya ikan laut akan ditambahkan kacangkacangan, buah melinjo, labu kuning, ubi jalar, dan sayuran lain untuk dimasak dengan santan.

 

 

BACA JUGA:Resep Dimsum Praktis, Enak, dan Lumer di Lidah

 

 

Beragam jenis sayuran yang menjadi bahan campuran mencerminkan masyarakat pesisir yang begitu terbuka terhadap suku lain. Letak geografisnya yang berada di pinggir pantai memungkinkan masuknya pendatang dari berbagai wilayah di Indonesia ataupun dari luar negeri.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: