Honda

Dukung Program GSMP, Dinas Ketahanan Pangan Muratara Buat Lahan Percontohan

Dukung Program GSMP, Dinas Ketahanan Pangan Muratara Buat Lahan Percontohan

Lahan perkebunan cabai merah untuk mendukung Program GSMP-Hengki Palpres.com-

MURATARA,PALPRES.COM – Dalam rangka mendukung program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) membuat Kebun Percontohan.

Kebun percontohan tersebut terletak di kampung 7 Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara.

Kpala Dinas Ketahanan Pangan, Muratara, Ir asym menyampaikan, pemerintah fokus membantu GSMP dengan menggerakkan masyarakat untuk pemanfaatan lahan pekarangan rumah.

"Maka kami membuat lahan percontohan, lahan ini lebih kurang lebih setengah hektar, semua akan kami tanamkan cabai merah,"kata Asym.

Dia menegaskan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), dimulai dari lahan terbatas, dan disekitar perkarangan rumah.       

Sekecil apapun peluang yang dimiliki masyarakat, namun jika kelola dengan maksimal tentunya akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

"Untuk memulai bercocok tanam itu tidak mesti dari lahan yang luas, bibit yang banyak. Tapi bisa mulai dari halaman kecil di rumah atau menggunakan polibag," katanya.

BACA JUGA:TP PKK Empat Lawang Dukung Program GSMP di Desa       

Dengan memanfaatkan lahan di sekitar perkarangan rumah, paling tidak warga mampu menghasilkan untuk kebutuhan sehari hari. 

"Jadi segala sesuatu itu tidak harus dibeli di pasar. GSMP ini mengajarkan pola hidup produktif," bebernya.     

Ia menyebutkan di 2023 mendatang sebagai tahun kelam. Karena sudah banyak pihak yang memprediksi akan terjadi kegelapan ekonomi.

"Kalau ada perkarangan kosong, lahan yang tidak digarap mari tanami sayuran, kalau banyak keluarga ajak bentuk kelompok tani. Hidupkan dan hijaukan lagi pertanian di Muratara, ini bisa jadi solusi resesi ke depan,"jelasnya

Sementara Dinas pertanian dan perikanan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) propinsi Sumatera Selatan (Sumsel) fokus empat komoditi di 2023 mendatang.

BACA JUGA:Program GSMP Tingkatkan Ketahanan Pangan Sumsel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: