Honda

7 Arsitektur Masjid Bersejarah di Indonesia yang Penuh Filosofi, Ada Majid Agung Palembang lho!

7 Arsitektur Masjid Bersejarah di Indonesia yang Penuh Filosofi, Ada Majid Agung Palembang lho!

Masjid Agung Palembang merupakan masjid peninggalan Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo pada abad ke 18 yang memiliki keunikan serta ciri khas yang memadukan tiga kebudayaan yaitu Indonesia, Eropa dan juga China-Foto: Alhadi Farid-Palpres.Com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Indonesia salah satu negara yang dikenal dengan muslim terbanyak di dunia.

Oleh sebab itulah, banyak sekali peninggalan masjid bersejarah di Indonesia dengan arsitektur yang megah serta sarat akan nillai folosofis yang menarik untuk dipelajari.

Tak hanya tua secara usia, bahkan beberapa arsitektur masjid pun memadukan antara budaya Islam yang kuat dengan budaya lokal yang kental sehingga membuat bangunan masjid kaya akan makna mendalam.

Salah satu masjid bersejarah di Indonesia yang penuh filosofi adalah Majid Agung Palembang berupa peninggalan Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo pada abad ke 18.

BACA JUGA:Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan Bisa Dapat Bansos Tahun 2023, Tanpa Syarat Cukup Lakukan Ini

Untuk itulah, berikut tujuh masjid bersejarah di Indonesia dengan arsitektur megah dan kaya akan nilai filosofis.

1. Masjid Istiqlal (Jakarta)

Masjid Istiqlal merupakan salah satu masjid bersejarah di Indonesia yang dirancang oleh arsitek Friedrich Silaban, Masjid Istiqlal kaya akan nilai filosofis di tiap sisinya. Masjid Istiqlal ditopang 12 tiang yang melambangkan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, yaitu 12 Rabiulawal.

Masjid Istiqlal memiliki total 5 lantai yang terdiri dari 4 lantai balkon dan 1 lantai dasar. Kelima lantai tersebut melambangkan 5 Rukun Islam, jumlah salat wajib dalam sehari, serta jumlah sila dalam Pancasila.

Selain itu, di bagian luar masjid terdapat menara yang memiliki tinggi 6.666 cm, tinggi ini melambangkan keseluruhan jumlah ayat di dalam Al-Qur’an.

BACA JUGA:Selamat! Inilah Daftar Jabatan Honorer dan Non-PNS yang Diangkat PNS Tanpa Tes, Buruan Cek!

2. Masjid Raya Baiturrahman (Aceh)

Masjid bersejarah di Indonesia ini dirancang oleh seorang kapten angkatan darat Belanda, Gerrit van Bruins.

Arsitektur yang menjadi ciri khas Masjid Baiturrahman adalah pintu masuk yang didesain berbentuk besar dengan menambahkan unsur gigantik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: