Honda

PALI Buat Rekor Baru, Berhasil Panggang 2022 Ekor Ikan Asap Sagarurung

PALI Buat Rekor Baru, Berhasil Panggang 2022 Ekor Ikan Asap Sagarurung

Dinas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menorehkan rekor dengan panggang dan makan ikan asap bumbu Sagarurung PALI terbanyak berjumlah total 2022 ekor.-Berry Sandi-Palpres.com

PALI, PALPRES.COM- Dinas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menorehkan rekor dengan panggang dan makan ikan asap bumbu Sagarurung PALI terbanyak berjumlah total 2022 ekor.

Pemecahan Rekor pertama dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) ini diberikan langsung Ketua Umum Leprid, Paulus Pangka SH kepada Bupati PALI, DR Ir H Heri Amalindo MM didampingi Wabup PALI, Drs Soemarmo dan Sekda Kartika Yanti di Sanggar Pramuka Komplek Pertamina Pendopo Kecamatan Talang Ubi, Senin 12 Desember 2022.

Ketua Umum Leprid, Paulus Pangka langsung melakukan penilaian sesuai ketentuan pada Sagarurung Festival, pemecahan rekor dari Leprid dengan panggang dan makan ikan asap bumbu Segarurung PALI terbanyak.

Ia menejelaskan, ini merupakan ide kreatif dan inovatif. Dimana Menteri Pariwisata mengatakan, wisatawan berkunjung ke suatu daerah tak hanya ingin melihat pemandangan, melainkan berwisata kuliner.

BACA JUGA:Peduli Dunia Olahraga, Bupati PALI Raih Penghargaan

“Ini merupakan salah satu cara melestarikan peninggalan nenek moyang kita. Dengan terciptanya rekor baru panggang dan makan ikan asap bumbu Segarurung PALI terbanyak berjumlah total 2022 ekor," jelasnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, ketentuan Leprid tak hanya dari jumlah, namun juga tekstur makanan yang tak terbuang. Lantaran kata dia, masih banyak masyarakat luar yang ingin merasakan ikan Segarurung.

“Lalu makanan Sagarurung harus Standar Nasional Indonesia dengan mengutamakan kesehatan," terangnya.

Sementara, Bupati PALI, DR Ir H Heri Amalindo MM mengharapkan, dengan telah diselenggarakannya kegiatan tersebut, kedepannya akan ada festival lanjutan.

BACA JUGA:Inovasi ‘Kanda Ku Rindu’ Jadi Solusi Pengantin Baru di Pali Urus Dokumen Kependudukan

“Cara masak Sagarurung cukup sulit karena khas daerah, harus dengan areng dari batok kelapa. Sehingga bumbu bisa meresap seutuhnya," katanya.

Pada acara tersebut turut dihadiri Dinas Pariwisata, UMKM serta Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sumsel serta Masyarakat Sadar Wisata Sumsel, Babe Herlan dengan disaksikan Kapolres, Kejari serta Danramil serta OPD dan masyarakat di Kabupaten PALI.

Medali piagam penghargaan serta piala pemecahan rekor diserahkan langsung dari Leprid.

Tak hanya itu, sebanyak 26 Pelaku UMKM Sagarurung dari Kabupaten PALI memeriahkan pemecahan rekor makan dan panggang ikan sebanyak 2022 ekor baik jenis nila, patin hingga lele.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com