Honda

Coba Konsumsi 5 Makanan ini Agar Terhindar dari Penyakit Alzheimer

 Coba Konsumsi 5 Makanan ini Agar Terhindar dari Penyakit Alzheimer

Daftar makanan yang bisa menjadi penambah daya ingat--

PALEMBANG, PALPRES.COM - Makanan merupakan hal yang baik untuk tubuh kita, salah  satunya makanan penambah daya ingat untuk membantu kita lebih fokus dan berkonsentrasi sepanjang hari, seperti ikan berlemak, cokelat hitam, serta beberapa jenis sayur dan buah.

 

Organ ini menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh untuk menjaga konsentrasi sepanjang hari.  Otak juga butuh nutrisi tertentu agar tetap sehat.

 

Asam lemak omega-3, misalnya, membantu membangun dan memperbaiki sel-sel otak.

 

Sementara antioksidan membantu mengurangi stresdan peradangan sel yang berkaitan dengan penuaan otak dan gangguan sepeti Alzheimer.  Banyak alasan kenapa Anda bisa mudah lupa atau pikun.

 

BACA JUGA:CATAT! 11 Bansos Akan Dilanjutkan Tahun 2023, Satu Keluarga Bisa Dapat Rp20 Juta

 

Pasalnya, jantung yang sehat dapat mengalirkan darah secara optimal ke seluruh tubuh, termasuk otak Anda.

 

Hal ini dapat membantu menjaga fungsi otak, termasuk fungsi kognitif, sehingga dapat menjadi penambah memori atau daya ingat.

 

Ambil contoh karena kurang tidur, kelainan genetik, kelelahan akibat aktivitas fisik, gaya hidup, usia, dan faktor lingkungan.

 

Kabar baiknya, makanan tertentu dapat meningkatkan kesehatan otak serta menjadi penambah daya ingat, lho! Apa saja makanan tersebut?

 

BACA JUGA:Kemenaker dan Kemensos Kompak Hapus Bansos Tahun 2023, Ini Daftarnya

 

Apa Saja makanan yang harus dimakan untuk menambah daya ingat kamu, berikut rinciannya:

 

1. Makanlah Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau berkontribusi pada kesehatan jantung dalam beberapa cara. Mereka mengandung potasium, yang menurunkan tekanan darah tinggi,  serat, yang menjaga kolesterol tetap terkendali, dan folat, yang melindungi terhadap penyakit jantung dan stroke.

 

Sayuran berdaun hijau mengandung ragam senyawa antioksidan, seperti vitamin C, serta nutrisi lainnya, termasuk vitamin K dan folat.

 

Antioksidan dari vitamin C terbukti dapat memperlambat penurunan kognitif.  Sementara vitamin K dan folat dapat memperkuat daya ingat dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah ke otak.

 

BACA JUGA:Siap-siap! 3 Bansos Ini Akan Kembali Cair Bulan Depan

 

Itu sebabnya, makanan-makanan ini dinilai dapat membantu jadi penambah daya ingat seseorang.   Beberapa sayuran berdaun hijau yang bisa Anda pilih, seperti brokoli, bayam, sawi, atau kale.

 

2. Buah beri dan ceri

Khasiat buah beri yang mengefektifkan kerja insulin tidak hanya dialami oleh orang dengan resistensi insulin tetapi juga pada orang sehat.

 

Buah berries seperti strawberry dan blueberry mengandung senyawa antosianin yang memiliki fungsi menjaga kesehatan otak.

 

Selain memperlancar aliran darah ke otak, mencegah peradangan, juga meningkatkan produksi sel saraf baru. Keduanya kaya akan nutrisi otak seperti Vitamin E, zink, folat, zat besi, dan protein.

 

Buah beri, terutama blackberry dan blueberry, serta ceri kaya akan antosianin dan kandungan flavonoid lain yang dapat meningkatkan fungsi memori di otak.

 

BACA JUGA:Aksi Perusakan Masjid di Magelang, Ini Kesaksian Takmir Masjid

 

3. Ikan

 Seperti Ikan salmon Kandungan Omega-3 dalam salmon mampu meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif. Sementara kandungan vitamin B6, B12, niacin, zinc, dan zat besi yang ada pada ikan salmon merupakan zat gizi penting untuk menutrisi otak.

 

Khasiat ini bisa didapat karena kandungan asam lemak omega-3, terutama docosahexaenoic acid (DHA), yang ada di dalamnya.

 

Bukan cuma itu, asupan omega-3 juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer yang dapat memengaruhi memori Anda.

 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengonsumsi jenis-jenis ikan laut di atas sebanyak dua kali dalam seminggu.

 

 BACA JUGA:Pemegang KIS BPJS Kesehatan Bisa Dapat Bansos Tahun 2023, Begini Cara Cek Status Kepesertaan

 

4. Telur

Telur juga dipercaya sebagai makanan yang dapat membantu memperkuat daya ingat. Telur merupakan sumber protein yang sangat kaya dan penting bagi perkembangan otak.

 

Dalam telur terdapat kuning telur yang sangat kaya akan kolin. Kolin ini merupakan zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

 

Telur memang menjadi menu makanan favorit banyak orang karena simpel dibuat, tetapi tetap nikmat.

 

Telur mengandung kolin yang berperan dalam produksi neurotransmitter untuk mengatur suasana hati dan memori.

 

Selain itu, telur mengandung vitamin B yang dapat membantu menjaga kesehatan otak serta mengurangi risiko stroke dan Alzheimer.

 

BACA JUGA: 3 Bansos Ini Akan Cair Lagi di Akhir Januari 2023, Besarannya Pun Meningkat 

 

5. Kunyit

 Menambahkan kunyit ke dalam masakan Anda bukan cuma memperkaya rasa makanan, tetapi juga dapat jadi penambah daya ingat.

Kurkumin dalam kunyit disebut mampu masuk ke otak secara langsung dan meningkatkan fungsi sel-sel di dalamnya.

 Bukan cuma itu, kurkumin juga bersifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Adapun hal tersebut dalam membantu memperkuat memori Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: