Honda

Nama Makam-Makam Bersejarah di Kabupaten Ogan Ilir, Yuk Kita Kenali

Nama Makam-Makam Bersejarah di Kabupaten Ogan Ilir, Yuk Kita Kenali

Salah Satu Makam Bersejarah di Kabupaten Ogan Ilir.-Istimewa-

OGAN ILIR, PALPRES.COM- Kabupaten Ogan Ilir  adalah pecahan dari Kabupaten Ogan Komering Ilir  pada tahun 2004 silam tepatnya tanggal 7 Januari, saat ini Ogan Ilir menginjak umur 19 tahun di bulan Januari 2023 mendatang.

Ogan Ilir memiliki keanekaragaman bahasa, dari bahasa pegagan dan bahasa Melayu. 

Selain dikenal kota santri, Ogan Ilir juga dikenal dengan julukan Bumi Caram Seguguk. 

Nah, kalian juga harus tahu, bahwa banyak makam bersejarah di Bumi Caram Seguguk ini, yuk kita kenali makam-makam sejarah di Kabupaten Ogan Ilir.

BACA JUGA:Jangan Ditiru! Makam Usang Raden Kuning Sempat Disalahgunakan Pelaku Syirik

1. Makam Sido Ing Rejek

Makam Raja Sido Ing Rejek berada di Desa Sakatiga, Kecamatan Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan (Sumsel). Sido Ing Rejek adalah raja terakhir dari raja Palembang, tidak ada lagi raja setelahnya. Sido Ing Rejek adalah raja ke 11 yang memerintah pada tahun 1652-1659. 

2. Makam Putri Pinang Masak

Makan putri pinang masak terletak di Desa Senuro sekitar 30 menit perjalanan dengan mengendarai mobil menuju Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir melalui jalan KPT Tanjung Senai-Burai.

BACA JUGA:7 Wisata Religi di Kabupaten Ogan Ilir, Nomor 5 Jarang Diketahui

Makam ini dipercaya adalah makam seorang putri yang hidup pada jaman dahulu kala, wajahnya sangat cantik jelita. Karena kecantikannya banyak yang menginginkannya, sehingga suatu hari ada seorang lelaki yang sangat tergila-gila padanya.

Namun, sang putri sangat membencinya, sampai-sampai sang putri harus pergi ke hutan untuk mengasingkan dirinya. Laki-laki ini pun masih mencarinya untuk dijadikan istrinya. Namun, sang Putri masih bergeming dan tidak mau dinikahi oleh lelaki ini.

Lalu sang putri melakukan usaha untuk memperburuk wajah dan tubuhnya sehingga lelaki itu pun tidak mau dengannya. Akhirnya sang putri harus hidup dalam keadaan buruk seperti itu selamanya.

Sang putri lalu bersumpah tidak akan ada orang yang lebih bagus atau cantik melebihi dirinya. Kisah ini lalu dipercaya masyarakat hingga sekarang. Hingga zang putri wafat, dan makamnya hingga kini diziarahi oleh penziarah dari berbagai tempat, bahkan ada yang dari luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: