Honda

OKUT Ikut Expo Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, Berhasil Juara I Lomba Pencapir

OKUT Ikut Expo Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, Berhasil Juara I Lomba Pencapir

OKU Timur pada lomba cerdas cermat mengirimkan 2 kelompok Pencapir. Yaitu OKU Timur 1 dan OKU Timur 2 dan Kabupaten OKU Timur mendapatkan juara 1 yang dimenangkan oleh kelompok 2 OKU Timur. --Istimewa/palpres.com

OKU TIMUR, PALPRES.COM- Pemerintah Kabupaten OKU TIMUR turut berpartisipasi dalam kegiatan Expo Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) dan Seminar Desa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan yang bekerjasama dengan Harian Sumatera Ekspres.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Relavansi Gerakan Sumsel Mandiri Pangan dalam Menekan Kemiskinan dan Penurunan Angka Stunting’ ini diselenggarakan selama 2 hari mulai 20-21 Desember 2022 bertempat di OPI Mall dan Hotel Wyndham.

Untuk Seminar Desa dan Lomba Kelompok Pencapir, pesertanya merupakan Kepala Desa se-Sumatera Selatan yang akan mengupas sinergi tiga kementerian, yaitu Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Kementerian Pertanian dan Kementerian Koperasi dan UKM pada 21 Desember 2022 di Hotel Wyndham. 

Saat itu juga akan diserahkan award kepada desa yang kreatif dalam mendukung program GSMP serta perusahaan yang berperan mendukung GSMP.

BACA JUGA:Pemkab OKU Timur Bakal Launching Jargas Bagi 4 Desa

Bupati OKU Timur yang diwakili oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Junadi yang hadir langsung dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa Pemkab OKU Timur turut mendirikan stand.

“Isi stan tersebut diperkenalkan ke masyarakat produk-produk unggulan dari Bumi Sebiduk Sehaluan, diantaranya beras organik dan produk UMKM lainnya,” katanya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk merubah mindset masyarakat yang semula konsumen menjadi produsen. 

“Jadi jika selama ini masyarakat membeli sayur-sayuran, maka sekarang mereka bisa memanfaatkan lahan pekarangan rumah agar ditanami sayur, ini untuk memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari," jelas Junadi.

BACA JUGA:Mau Tau Nominasi Penghargaan Desa Cantik di OKU Timur, Ini Nama Desanya

Junadi melanjutkan, di Kabupaten OKU Timur terdapat 110 Rumah Tangga Miskin (RTM) yang tersebar di 6 kecamatan, adapun Desa Karang Binangun 2 Kecamatan BMR terdapat 10 RTM, Desa Muncak Kabau Kecamatan BP. 

Bangsa Raja 20 RTM, Desa Negeri Pakuan Kecamatan BP. Peliung 20 RTM, Desa Tebat Jaya Kecamatan Buay Madang 20 RTM, Desa Campang Tiga Jaya Kecamatan Cempaka 20 RTM dan Desa Tanjung Kuku Kecamatan Semendawai Barat 20 RTM.

Pada kegiatan EXPO Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), yang bertema ‘Relevansi Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) dalam menekan kemiskinan dan penurunan angka stunting’. 

OKU Timur pada lomba cerdas cermat mengirimkan 2 kelompok Pencapir. Yaitu OKU Timur 1 dan OKU Timur 2. Dalam perlombaan cerdas cermat ini, Kabupaten OKU Timur mendapatkan juara 1 yang dimenangkan oleh kelompok 2 OKU Timur, juara 2 kabupaten Lubuk linggau dan juara 3 Kabupaten Lahat,dan kemudian OKU Timur mendapatkan juara 1 Stan terbaik tingkat Provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com