Honda

Karam di Perairan Muara Sungsang, Kapal ARK Shiloh Masih Simpan 46 Ton Solar

 Karam di Perairan Muara Sungsang, Kapal ARK Shiloh Masih Simpan 46 Ton Solar

Akibat cuaca buruk, kapal ARK Shiloh mengalami di perairan Sungsang, Kabupaten Banyuasin.-Humas Polda Sumsel-

BACA JUGA:Simak Bocoran Jadwal Penerima Bansos Khusus Pemegang KIS BPJS Kesehatan Tahun 2023

Bahkan pihaknya bakal melakukan tindakan pemeriksaan terkait sertifikasinya. 

“Sebagaimana kita ketahui kapal itu bukan kapal angkut, melainkan kapal crane yang digunakan untuk memindahkan batubara dari tongkang ke kapal pengangkut batubara,” jelas dia.

Dirinya menjelaskan, bila seandainya terjadi pencemaran pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan owner untuk segera menyiapkan pencegahan. 

"Kita berkoordinasi dengan navigasi agar dilaksanakan penandaan di lokasi kejadian, karena area tersebut selama ini digunakan untuk aktivitas kapal bongkar muat," aku dia. 

BACA JUGA:Cara Mudah Cek Status Pemegang KIS BJPS Kesehatan Agar Dapat Saldo Dana Gratis dari Pemerintah Tahun 2023

Tidak hanya itu, namun pihaknya juga akan melakukan investigasi untuk mengetahui apakah terjadi pencemaran atau tidak. 

"Apabila terjadi pencemaran harus segera kita tangani terlebih dahulu, apabila tidak terjadi pencemaran kami akan berkoordinasi dengan owner secepat mungkin untuk dilaksanakan evakuasi," tukasnya. 

Sementara itu, Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK melalui Kabid Humas, Kombes Pol Supriadi mengatakan, bahwa Kapal Crane Base ARK Shiloh berada di koordinat 02'06.20' S-105'00.30'E Perairan Selat Bangka (Ambang Luar), Muara Banyuasin.

“Saat anggota kita dari Pangkalan Sandar Ditpolairud Sungsang menuju ke Lokasi Kejadian, terkendala kondisi cuaca buruk sehingga tidak dapat meneruskan perjalanan,” tuturnya.

BACA JUGA:Berkah Awal Tahun! Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis Rp500 Ribu Langsung Cair Saat Ini Juga

Dari informasi kru kapal MV STL Miracle, pada saat kejadian kapal ARK Shiloh sedang berlabuh di MV STL Miracle, dikarenakan cuaca buruk dan ombak besar kapal ARK Shiloh mengalami kebocoran dibagian balas kanan.

Pada saat kapal sudah keliatan miring Crew ABK ARK Shiloh dan MV STL Miracle sudah berusaha membuang air dengan menggunakan Pompa dan Alkon, tetapi tidak bisa mengatasi.

“Sehingga informasi yang kita terima, kapal semakin miring dan tenggelam. Untuk semua Crew ABK ARK Shiloh 36 orang berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke MV STL Miracle,” 

Diketahui pada saat kejadian, cuaca sekitar perairan sangat buruk dengan hempasan angin yang kencang disertai gelombang air laut yang cukup tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com