Honda

Pemdes Pandan Arang Bangun Sarana Air Bersih, Langsung Salurkan ke Pemukiman Warga

Pemdes Pandan Arang Bangun Sarana Air Bersih, Langsung Salurkan ke Pemukiman Warga

RUMAH AIR BERSIH : Pemdes Pandan Arang membangun rumah air bersih untuk masyarakat, Selasa 3 Januari 2023.-Bernat Palpres.com-

LAHAT, PALPRES.COM - Kebutuhan akan air bersih memang tidak bisa dipungkiri dengan kata-kata, nah, untuk memenuhi permintaan masyarakat.

Maka dari itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Pandan Arang, Kecamatan Kikim Selatan membangun rumah air bersih yang bersumber dari Bukit Air Pelajau.

"Pembangunan sarana air bersih ini, merupakan hasil kesepakatan pada saat musyarawah desa (Musdes), dimana, banyak penduduk belum ada air bersih, untuk ke sungai mesti menempuh jarak cukup jauh," sebut Kepala Desa (Kades) Pandan Arang, Alpian Ishaq, Selasa 3 Januari 2023.

Nah, sambung Alpian Ishaq, untuk saat ini, sarana tersebut akan mengaliri setidaknya 10 unit rumah masyarakat, agar mereka bisa menikmati akses dimaksud.

"Air bersih tidak langsung di salurkan ke rumah-rumah, melainkan masuk dalam bak penampungan yang berukuran 2x4eter persegi," jelasnya.

BACA JUGA:XL Axiata Bangun Sarana Air Bersih dan Jembatan Desa di Banyuasin

Setelah itu, masih kata dia, didistribusikan melalui pipanisasi yang dipasang menuju ke perumahan penduduk.

"Di sanalah, baru kita masang pipa ukuran 3/4 inchi didepan rumah warga, yang mengalir 24 jam non stop," terang Alpian Ishaq.

Alpian Ishaq menuturkan, program kerja ini salah satu bentuk perhatian sekaligus pelayanan terbaik kepada masyarakat, yang mana guna meningkatkan kualitas dan kuantitas.

"Mayoritas mata pencaharian penduduk disini rata-rata bertani, dan mereka ke sungai mesti menempuh perjalanan jauh, dengan adanya air bersih ini semakin memudahkan mereka," paparnya.

BACA JUGA:Warga Desa Suka Negara Tidak Lagi Kesulitan Air Bersih Karena Ini

Dirinya berharap, sarana dan fasilitas umum (Fasum) yang telah dibangun tersebut, agar kiranya sama-sama dijaga dengan sebaik mungkin.

"Kedepannya, akan ada lagi program kerja yang memang bersinggungan secara langsung dengan masyarakat," pungkas Alpian Ishaq.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: