Honda

Miris, Bendera Merah Putih Lusuh Berkibar di PT Lonsum, PJ Bupati Musi Banyuasin Bilang Begini

Miris, Bendera Merah Putih Lusuh Berkibar di PT Lonsum, PJ Bupati Musi Banyuasin Bilang Begini

PJ Bupati Musi Banyuasin Drs Apriyadi Menyaksikan Pegawai PT Lonsum Menurunkan Bendera Merah Putih Lusuh Berkibar.-Kominfo Muba For Palpres.com-

MUBA,PALPRES.COM- Bendera Merah Putih resmi dijadikan sebagai bendera nasional Indonesia sejak tanggal 17 Agustus 1945. 

Telah ada pengaturan mengenai ketentuan ukuran bendera, penggunaan, penempatan, hingga aturan pidana terhadap pihak yang menghina Bendera Negara. 

Aturan tersebut termuat dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Pada Pasal 24 Undang-Undang tersebut, diatur soal apa saja yang dilarang dilakukan terhadap Bendera Negara seperti pada poin C tertulis larangan mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut atau kusam.

BACA JUGA: Sekda Empat Lawang Siap Jungkir Balik Jika Ada Bendera Merah Putih Berkibar di Luar Aturan

Seperti terjadi di perusahaan Kelapa Sawit PT London Sumatera (Lonsum) Desa Muara Merang, Kecamatan Bayung Lencir, Musi Banyuasin pada 3 Januari 2022.

Bendera Merah Putih Berkibar terpasang di tiang tepat di depan kantor perusahan, hal itu tentu membuat PJ Bupati Musi Banyuasin Drs H Apriyadi berang dan menegur keras pegawai perusahaan. 

Dimana, bendera rusak yang berkibar setelah PJ Bupati sedang dalam perjalanan usai melakukan mediasi warga Muara Merang dengan PT Pinang Witmas Sejati (PWS). 

“Masak bendera rusak seperti ini tidak diperhatikan. Saya minta diganti segera,” tegas Apriyadi. 

BACA JUGA:Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih HUT RI Ke-77 di Ogan Ilir Berlangsung Khidmat

Ia juga menegaskan, bendera merah putih merupakan simbol negara yang harus dihargai oleh semua warga negara Indonesia (WNI). 

“Bendera merah putih ini simbol negara, jangan-jangan sudah bertahun-tahun tidak kalian ganti,” cetusnya. 

Pantauan di lokasi tampak para pekerja PT Lonsum kocar kacir mengganti langsung bendera merah putih yang sudah rusak tersebut. 

Dan langsung meminta maaf atas kelalaian tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: