Honda

Tidak Hanya Indah, Air Terjun Endap Berikan Manfaat Bagi PLTMH Endikat

Tidak Hanya Indah, Air Terjun Endap Berikan Manfaat Bagi PLTMH Endikat

AIR TERJUN : TBUPP sekaligus Ketua Panoramic Of Lahat, Mario Andramatik dan rekan-rekan mengunjungi air terjun di Desa Singapura, Kecamatan Kota Agung-PANORAMATIC OF LAHAT FOR PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Pada liburan akhir tahun 2022 dan tahun baru 2023 hampir semua destinasi wisata dimanapun berada selalu dipadati wisatawan. 

Di Kabupaten Lahat destinasi wisata yang sangat padat dikunjungi wisatawan seperti Agrowisata Tanjung Sakti, Ayek Pacar, Taman Ayek Lematang dan Waterboom begitu juga dengan penginapan/hotel penuh dengan wisatawan dari berbagai kota di Sumatera Selatan dan luar Sumatera Selatan. 

Yah, memang Bumi Seganti Setungguan mempunyai banyak destinasi wisata dan daya tarik wisata yang tersebar hampir di setiap kecamatan baik wisata alam, budaya dan buatan. 

Di awal tahun 2023 ini Bupati Lahat, Cik Ujang SH melalui Tim Bupati Untuk Percepatan Pembangunan (TBUPP) Bidang Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mario Andramartik melakukan kunjungan ke satu air terjun atau cughup di Desa Singapura, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat.

BACA JUGA:8 Pesona Air Terjun Terpopuler dan Instagramable di Lahat

Dalam kunjungannya tim didampingi Herlianto Sapsidi, Handoyo, Victorrogo Sekretaris Desa Singapura, Rahap Budianto Manager PT Prastya Bajra Prima dan Darhanis pemilik lahan cughup. 

Lokasi cughup dekat dengan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Endika yang dibangun oleh PT Prastya Bajra Prima. 

Pembangkit yang memanfaatkan air sungai Endikat sebagai penggerak turbin yang menghasilkan listrik sebesar 8 MW, diatasnya juga ada PLTM PT Green Lahat yang memproduksi listrik sebesar 10 MW. 

Kedua PLTM ini merupakan pembangkit listrik energi baru terbarukan. 

"Setelah sampai di site PLTM Endikat Victor dan Rahap bercerita bahwa di Desa Singapura terdapat 4 air terjun yaitu Ndelindang, Endap, Liku Semen dan Beringin. 

BACA JUGA:Curug Lantung, Air Terjun yang Tersembunyi di Rerimbunan Pohon Besar

Ke-4 air terjun masih sangat alami dan belum ada fasilitas penunjang sebagai destinasi wisata. Akhirnya kami putuskan untuk melihat yang Endap," terangnya, Kamis 12 Januari 2023.

Untuk, lanjut dia, menuju lokasi air terjun Endap dari pintu masuk site PLTM Endikat berhenti di headpond, karena untuk menuju lokasi cughup harus melewati site PLTM maka perlu pemberitahuan dahulu sebelum berkunjung. 

"Dari headpond lalu turun dan menyeberangi sungai Getapan dengan jembatan kayu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: