Honda

Keren! Toko Oleh-Oleh di Pagaralam Manfaatkan Peluang Tahun Baru, Hasilnya Menggiurkan

Keren! Toko Oleh-Oleh di Pagaralam Manfaatkan Peluang Tahun Baru, Hasilnya Menggiurkan

Owner Toko Oleh-oleh Habara 99 memperlihatkan produk oleh-oleh khas Pagaralam.-Eko Palpres.com-

PAGARALAM,PALPRES.COMPeluang mencari cuan bagi toko oleh-oleh di Kota PAGARALAM dimanfaatkan Habara 99, salah satu toko yang menyediakan makanan dan minuman khas PAGARALAM.

Lokasi toko Habara 99 sendiri terletak di dekat pintu gerbang masuk ke kawasan wisatan Gunung Dempo.

Pusat oleh-oleh milik wartawan senior yang juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia, Asnadi M Aridi dan istrinya Sri Herlina ini terhitung baru dibuka sejak Desember 2022 lalu menyambut pergantian tahun.

Menurut Asnadi toko oleh-oleh ini bisa menjadi pusat UKM yang menampung seluruh masyarakat Pagaralam termasuk para wartawan yang punya produk khususnya makanan dan minuman serta kerajinan, souvenir dan lain-lain. Juga makanan ringan keripik pisang, talas, peyek. 

BACA JUGA:Giliran UMKM Dapat Dana Bansos Hingga Rp3.000.000 dari Pemerintah, Begini Cara Daftarnya

"Kita memberikan kesempatan kepada kawan-kawan yang punya produk baik makanan, minuman atau kerajinan tangan untuk dipajang dan dijual di sini. Kita bikin usaha sama-sama dan maju bersama-sama," ujar Asnadi. 

Senada dengan yang disampaikan Sri Herlina. Ia menyampaikan melihat wisatawan atau pelancong yang datang banyak yang mencari barang atau makanan khas Pagaralam. 

"Di sini banyak produk olahan yang memanfaatkan kopi sebagai komoditas utama di Pagaralam. Berbagai hal bisa dikombinasikan dengan kopi tidak hanya sebagai minuman tetapi juga makanan," kata dia. 

Ia menyebut ada olahan seperti keripik kopi pisang atau ubi, kerupuk kopi, bandrek kopi, kopi durian juga kopi madu.

BACA JUGA:Pemilik Kartu KIS Bisa Dapat Dana PIP Rp1.000.000, Begini Caranya

"Ada beberapa olahan kopi yang sedang kita rencanakan pula," imbuhnya. 

Produk kopi lain seperti bubuk kopi petik merah baik kopi robusta maupun kopi arabica. Semua kopi dikemas dalam berbagai merek dari UMKM di seluruh Pagaralam. 

"Kita tidak menutup diri atau membatasi produk UMKM manapun. Silahkan saja kalau mau menitip di sini," kata dia. 

Selain kopi ada juga beberapa jenis teh khas Gunung Dempo yang berupa teh hijau, teh hitam, dan teh celup. Juga beberapa souvenir khas Pagaralam maupun daerah lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: