Honda

Aura Mistis Menyelimuti Arca Manusia Bopong Anak Gajah di Lahat, Cek Fakta Sebenarnya

Aura Mistis Menyelimuti Arca Manusia Bopong Anak Gajah di Lahat, Cek Fakta Sebenarnya

SITUS MEGALITIKUM : Tampak situs megalitikum yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Lahat, Sabtu 14 Januari 2023.-PANORAMATIC OF LAHAT FOR PALPRES.COM-

BACA JUGA:Kain Arca Buddha, Cikal Bakal Songket Palembang

Sementara itu, Camat Gumay Ulu, Tarmidi SSos MM menyebutkan, salah satu batu megalit misterius yang cukup di percaya masyarakat memiliki kekuatan mistis adalah batu Megalit yang terletak di Gumay Ulu, tepatnya Desa Tinggi Hari, di Halaman Kantor Camat Gumay ulu, yang sampai hari ini masih bisa dilihat.

"Memang benar jika mendengar dari tokoh masyarakat dan tokoh adat disini, cerita mengenai Pasukan Belanda yang tak bisa mengangkut batu ini, Namun Hal itu juga perlu di buktikan lagi secara ilmiah dan pengetahuan.

"Bisa jadi juga pada zaman dulu batu ini merupakan pahatan manusia dan, mungkin juga di pergunakan untuk persembahan," ucapnya.

Dirinya menerangkan, tetap mengingatkan kepada masyarakat terkhusus generasi muda, mari jaga sama-sama situs peninggalan ini, Karna ini merupakan warisan dan patut kita jaga dan lestarikan.

BACA JUGA:Museum Sumsel Konservasi Arca Orang Menunggang Kerbau

"Jangan dikotori apalagi dirusak, dan untuk tidak melakukan hal-hal yang negatif di tempat ini," tegas Tarmidi.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Tinggi Hari, Idi cahyadi mengungkapkan, memang benar cerita dari orang terdahulu mengenai batu megalit ini, pernah juga ada arkeolog yang datang kesini dan berkata kalau ini merupakan pahatan dari manusia pada abad ke 5 sampai ke 10.

"Jika dilihat dan bisa dibuktikan kalau kawasan Tinggi Hari dan sekitarnya dulunya adalah pemukiman Jeme Baghi atau tempat tinggal orang orang zaman dulu sebelum ada dusun-dusun yang lain.

Jadi menurut arkeolog ini merupakan pahatan batu dari orang zaman dulu dan kita harus sama-sama menjaga serta melestarikan peninggalan ini, sebab kita patut bangga atas warisan ini," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: