Honda

Server RSUD Sekayu Diretas Hacker, Berikut ini 7 Tahapan Kronologinya

Server RSUD Sekayu Diretas Hacker, Berikut ini 7 Tahapan Kronologinya

Illustrasi Gambar Hacker.-Istimewa/NET-

MUBA,PALPRES.COM- Sistem jaringan komputer atau server Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, Musi Banyuasin, pada 8 Januari 2023 sekitar pukul 14.16 WIB, telah menjadi korban aksi hacker.

Server tersebut diserang oleh sejenis program jahat atau Malware, yang mana menyerang dengan cara mengunci komputer datau mengencrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali.

Sehingga, file data pasien dari tahun 2017 hingga 2022 tidak bisa di akses kembali atau menghilang.

Berdasarkan data yang dihimpun, peretasan data dilakukan oleh hacker berawal dari.

BACA JUGA:Sabar Ya, PPPK 2022 Baru Terima Gaji Pada Ramadan 2023, THR dan Gaji 13 Gimana? Cek Gaji Sesuai Golongan

1. Pada hari minggu, tanggal 8 Januari 2023, pukul 14:16 WIB ada laporan dari dokter IGD RSUD Sekayu ke petugas IT RSUD Sekayu yang sedang berjaga pada saat itu, bahwa mereka tidak dapat mengentri data pasien kedalam SIMRS Avicenna. 

2. Petugas IT tersebut pun langsung mengecek pada server apa yang sebenarnya terjadi. Ternyata saat dicek, server tidak berjalan. 

Kemudian petugas IT tersebut menghubungi petugas IT yang lainnya yang bertanggung jawab sebagai pemegang server, untuk mengecek remote server dan ternyata ada ClearLock yang meminta Password.

3. Pemegang server tersebut menghubungi petugas IT yang lain, mungkin ada yang membuat password pada server, dan tidak ada yang merasa membuat password pada server.

BACA JUGA:Wow, Harga BBM Turun Hingga Rp2.150, Cek Harga Pertalite yang Naik Hari Ini 15 Januari 2023

4. Kepala Unit IT RSUD menghubungi Vendor yakni SIM RS menanyakan hal tersebut, namun dari pihak vendor juga tidak ada remote dan mengunakan password pada server SIM RS. 

5. Tim IT merestart server, tetapi tidak bisa masuk ke OS lagi. Lalu Tim IT melepaskan hardisk ekstemal kemudian di pasang lagi. 

Saat dicek kembali, seluruh data di hardisk ekstemal berubah format menjadi PHOENIX file dan ada satu file txt yang isi nya !!!AII ofyourfiles are encrypted!!! To decrypt them send e-mail to this address: 

Xxxxx

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: