Honda

Hati-Hati! 8 Kamera ATCS Akan Dipasang di Ogan Ilir, Arus Lalulintas Akan Terpantau Korlantas Polri

Hati-Hati! 8 Kamera ATCS Akan Dipasang di Ogan Ilir, Arus Lalulintas Akan Terpantau Korlantas Polri

Kasat Lantas Polres Ogan Ilir Memantau Pemasangan 8 Kamera ATCS di Kecamatan Inderalaya.-Widjan Palpres.com-

OGAN ILIR,PALPRES.COM- Dalam upaya menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, Satlantas Polres Kabupaten OGAN ILIR akan memasang 8 kamera.

8 Kamera itu nanti akan memantau Area Traffic Control System (ATCS), yang mana itu merupakan suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan serta memantau arus lalu lintas.

Kapolres Ogan Ilir, AKBP Ande Baso Rahman melalui Kasat Lantas Polres Kabupaten Ogan Ilir, AKP Putu Eka Dhenda, kedelapan kamera tersebut memiliki fungsi berbeda-beda.

Dimana katanya, dua kamera analitik untuk memantau arus kendaraan di perbatasan wilayah, dua kamera untuk penindakan pelanggaran lalu lintas.

BACA JUGA:Giliran Pemilik Kartu KIS Bisa Dapat Bansos BPNT Rp2.400.000, Cek di Link Ini!

"Sementara empat kamera lainnya diperuntukan untuk mengawasi titik-titik rawan kecelakaan dan rawan kemacetan di daerah pemasangan ETLE," ujar Kasat Lantas Polres Ogan Ilir, Senin 16 Januari 2023.

Dikatakannya, bahwa rencananya, untuk kamera ATCS ini akan disebar di sejumlah titik yang berpotensi menggangu kenyamanan berlalu lintas.

"Ya seperti terjadi gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas," ungkap Kasat Lantas AKP Dhenda Jayanti.

Ditekannya lagu, bahwa keberadaan kamera ATCS merupakan bagian dari upaya menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, di samping penerapan tilang elektronik melalui Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

BACA JUGA:Giliran Harga Pertalite Naik, Harga BBM Hari Ini Non Subsidi Turun Rp1.150, Cek Harga BBM 14 Januari 2023

"Tim dari Korlantas Polri rencananya akan melakukan survei terlebih dahulu mengenai titik pemasangan kamera ATCS. Ya, targetnya tahun ini juga dipasang," bebernya.

Dijelaskannya juga, bahwa arus lalu lintas di Kabupaten Ogan Ilir yang terekam kamera ATCS akan dipantau langsung oleh Korlantas Polri.

"Sehingga Mabes Polri juga dapat mengetahui situasi dan kondisi arus lalu lintas di daerah, termasuk di Ogan Ilir," terangnya.

Ditambahkannya, selama proses survei, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: