Honda

Yuk Jelajahi 10 Air Terjun Terindah di Sumatera Selatan, Dijamin Pesonanya Bikin Betah

Yuk Jelajahi 10 Air Terjun Terindah di Sumatera Selatan, Dijamin Pesonanya Bikin Betah

Yuk Jelajahi 10 Air Terjun Terindah di Sumatera Selatan,--doc palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan keindahan alamnya yang menawan dan beragam, salah satunya air terjun yang tersebar di sejumlah daerah di Sumsel.

Selain segar, destinasi wisata air terjun juga menyuguhkan pemandangan yang indah, arus air mengalir diantara bebatuan, tebing tinggi, maupun tumbuhan hijau yang menyegarkan.

Destinasi air terjun menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin bermain air sambil menikmati keindahan alam yang mengagumkan.

Untuk itulah berikut 10 rekomendasi Air Terjun terindah di Sumatera Selatan dimana pesonanya bisa membuatmu semakin betah untuk berlama-lama yang dikutip Palpres.com dari berbagai sumber.

BACA JUGA:Serasa di Bali, 8 Destinasi Wisata Pantai di Palembang Ini Wajib Banget Kamu Kunjungi

1. Curup Tenang atau Air Terjun Bedegung

Curup Tenang atau Air Terjun Bedegung adalah air terjun tertinggi di Sumatera Selatan. Air terjun dengan ketinggian 99 meter ini bersumber dari mata air yang tidak pernah kering di celah Bukit Barisan dan turun di sungai kecil yang berat, berbatu dan memiliki udara yang sangat sejuk.

Curug Tenang Bedegung terletak di desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatra Selatan. Jaraknya sekitar 56 km ke arah selatan Muara Enim dan sekitar satu jam atau 210 km dari kota Palembang. Dapat dijangkau oleh semua jenis kendaraan.

Untuk memudahkan pengunjung yang datang dari luar kabupaten, pemerintah setempat telah membangun jalan baru dari Prabumulih ke Simpang Meo sepanjang 87 km melalui kawasan hutan tanaman industri dan perkebunan kelapa sawit.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Terindah di Sumatera Selatan, Nomor 5 Bikin Terkagum-kagum

Dengan demikian jarak dari Palembang ke desa Curup Tenang Bedegung hanya sekitar 2 jam atau sekitar 177 km. Jarak ini lebih pendek daripada melalui Muara Enim yang berarti harus menempuh 239 km.

Selanjutnya, untuk mencapai air terjun ini, ada jalan setapak sepanjang 600 meter yang dibangun di tepi sungai dan jembatan yang melintasi sungai kecil.

Fasilitas arung jeram juga tersedia di kawasan wisata ini. Para pengunjung dapat menjelajahi sungai Curup Tenang Bedegung yang membutuhkan sekitar dua jam untuk menyusuri sungai.

Oleh karena itu, Anda juga dapat menemukan pemandian alami dengan air dingin segar dan dilengkapi dengan area memancing, lengkap dengan fasilitas, sehingga pengunjung memiliki lebih banyak kegiatan di daerah ini.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Air Terjun Terpopuler di Lahat, Ada Bidadari Hingga Maung

2. Curup Embun

Curup Embun merupakan air terjun dengan pancuran air tertinggi di Pagar Alam. Tinggi pancurannya mencapai 100 meter dengan volume air yang tidak terlalu besar, sehingga air yang terjun dari puncak ketinggian ketika sampai bawah akan berubah menjadi embun.

Itulah sebabnya air terjun ini disebut Curup Embun. Air dari ketinggian 100 meter tersebut kemudian mengalir dan tertampung di kolam alami yang ada di bawahnya.

Di kolam yang dipenuhi bebatuan gunung inilah para wisatawan biasa menghabiskan waktunya untuk sekadar berendam dan bermain air.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Sungai di Indonesia yang Menarik Dijelajahi, Ada Sungai Musi Palembang Lho!

Jika tidak mau berendam atau berenang, Anda bisa duduk-duduk atau berdiri di bebatuannya. Foto-foto dengan latar belakang curug atau suasana sekitar.

Akan terasa asyik bisa berlama-lama di sini. Menikmati asri dan indahnya alam yang masih terlihat hijau.

Hanya ada suara air dan angin yang mengenai pepohonan. Dan sesekali terdengan suara kicauan burung di sekitar. Serta suara hewan-hewan kecil yang hidup di semak-semak dan di bawah pepohonan.

Suasana healing forest yang menyenangkan. Membuat tubuh dan pikiran kembali menjadi segar. Dan saat kembali, Anda siap kembali bekerja atau belajar dengan penuh semangat.

BACA JUGA:8 Wisata Alam Sumsel, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Dengan keunikan Air Terjun Curup Embun ini, tidak heran jika setiap liburan wisata ini selalu ramai kunjungi wisatawan. Untuk mengunjungi destinasi ini terletak di Desa Pematang Bango Gunung Dempo, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

3. Curup Panjang atau Air Terjun Panjang

Kabupaten Lahat memiliki salah satu air terjun yang terhimpit di antara tebing tinggi.

Air terjun atau sering disebut curup oleh warga setempat itu terlihat bagai surga yang terselip di antara tebing.

BACA JUGA: 5 Objek Wisata Alam Instagrammable di Jambi, Taman Bunga Warna Warni hingga Negeri di Atas Awan

Air terjun tersebut bernama Curup Panjang. Curup ini terletak di Desa Tinggi Hari, Kecamatan Gumay Ulu Lahat.

Istimewanya lagi Curup Panjang yang berada di daerah yang dipimpin Aswari Rivai itu ada di lokasi komplek megalit. Curup Panjang sangat menakjubkan, pepohonan rimbun dan tebing yang eksotis membuat pemandangan semakin luar biasa.

Air yang jernih sangat segar terasa di badan, maka disarankan untuk para wisatawan agar berenang dan berendam ketika mengunjungi air terjun Panjang.

Suara gemuruh air yang memiliki tinggi 50 meter tersebut bisa menentramkan hati. Udara yang masih bersih dan segar memenuhi paru-paru dan menarik untuk tetap tinggal lebih lama di Curup Panjang.

BACA JUGA:8 Destinasi Wisata Buatan di Kabupaten Lahat, Nomor 5 Sajikan Panorama Alam dan Juara API 2022

Jarak dari pusat Kota Lahat menuju Curup Panjang berkisar 31 km atau berkisar satu jam perjalanan. Curup Panjang sendiri berjarak sekitar 2 km dari Desa Tanjung Sirih, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

Bagi yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, dapat memilih beberapa transportasi umum seperti mobil travel, bus, dan kereta api.

Untuk menuju ke air terjunnya masih memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan berjalan kaki. Jalur yang sedikit terjal membuat tubuh memerlukan tenaga ekstra hingga berkeringat sebesar biji jagung.

Sekitar 10 menit berjalan, suara gemericik air terjun sudah mulai terdengar. Sedikit demi sedikit semakin keras dan membangkitkan semangat untuk segera sampai. Untuk sampai ke air terjun harus melawati bebatuan besar.

Ketika sudah melewati bebatuan sebesar mobil, tandanya hampir sampai ke titik air terjun. Lelah pun terbayarkan dengan pesona Curup Panjang yang bersanding tebing curam nan indah.

BACA JUGA:Penuh Pesona, 5 Danau Cantik di Jambi Ini Wajib Jadi List Wisata Kamu

Sepanjang jalan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan lebat dan tebing hijau yang eksotis serta kalau beruntung kamu akan bertemu dengan hewan-hewan langka seperti siamang, elang, kalong, dan simpai.

Curup yang memiliki ketinggian 60 meter tersebut berada di antara dua tebing besar yang ditumbuhi oleh pepohonan lebat.

Pemandangan yang dapat menjernihkan pikiran kamu. Selain itu, curup tersebut juga memiliki warna air yang sangat indah yaitu hijau toska dengan batuan-batuan merah di muaranya.

4. Air Terjun Manduriang

BACA JUGA:Kamu Harus Tau! 5 Wisata yang Wajib Dikunjungi Jika Berada di Lahat

Air Terjun indah nan menenangkan hati ini adalah Air Terjun Manduriang yang terletak di desa Manduriang kecamatan Ranau Tengah OKU Selatan.

Dengan ketinggian 25 meter juga memiliki keunikan dibawah air terjunnya dimana terdapat gua berbentuk terowongan, konon kabarnya tempat para nenek moyang dan orang-orang terdahulu untuk bersemedi (bertapa).



Letaknya yang strategis, air terjun ini dapat dicapai dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Suasana alamnya yang dikelilingi dengan rimbun pepohonan serta nuansa yang sangat asri sangat cocok untuk dijadikan destinasi perjalanan wisata sobat disaat libur akhir pekan.

Air terjun dengan ketinggian 25meter ini memiliki bentuk kerucut yang semakin keatas ia akan semakin mengecil. Dengan tinggi menjulang, Air Terjun Manduriang memberikan pesona luar biasa bagi para pengunjungnya.

BACA JUGA:14 Tempat Wisata Terpopuler di Kabupaten Musi Banyuasin, Gaskeun Kuy

Air Terjun Manduriang berlokasi di sebuah gua yang dikabarkan sebagai tempat nyepi atau bertapa berada di Desa Manduriang, Kec. Ranau Tengah, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan.

Selain itu, lokasi Air Terjun cantik ini sangat mudah dijangkau, yakni hanya butuh 20 menit berjalan kaki dari lokasi parkir, Anda sudah sampai di Air Terjun Manduriang.

5. Air Terjun Tujuh Tingkat

Dengan nuansa alam yang menenangkan, menjadikan objek wisata air terjun tujuh tingkat di Kabupaten Lahat ini menjadi salah satu tempat favorit yang cocok untuk dikunjungi ketika berlibur.

BACA JUGA:11 Destinasi Wisata Religi Terbaik di Palembang, Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun

Kawasan wisata satu ini terkenal dengan ciri khasnya tersendiri, yakni berupa air terjun 7 tingkatan. Yang mana tidak dapat Anda temui pada tempat wisata lainnya di Lahat.

Dengan menikmati segala panorama keindahan alamnya, Anda akan dibuat merasa nyaman dan betah berlama-lama di sini karena lokasi wisatanya didukung dengan pepohonan bambu.

Sehingga menjadikan tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bagi orang-orang yang mencari kedamaian. Air Terjun Tujuh Tingkat atau dikenal juga dengan nama Curup Buluh terletak di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatra Selatan, sekitar 36 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan ke arah barat daya pusat Kota Lahat.

Untuk mempermudah wisatawan berkunjung menikmati pesona Air Terjun Tujuh Tingkat, Pemerintah Kabupaten Lahat telah membuka akses jalan dari Desa Lubuk Selo menuju ke area parkir terakhir, sebelum perjalanan secara tracking ke lokasi yang berada di lembah.

BACA JUGA:Air Terjun Batu Beladung Spot Wisata Baru di Kabupaten Lahat, Ini Rute ke Lokasinya

Menuju tempat air terjun yang indah ini tidak mudah lho, wisatawan harus berjalan kaki menuruni bukit tanah yang licin apalagi saat musim hujan.

Namun, jangan khawatir, trek menuju air terjun sudah dilengkapi dengan petunjuk dan tangga sederhana dari kayu dan batu, sehingga dapat meminimalisasi risiko terpeleset saat menuruni lembah.

Meskipun perjalanannya cukup melelahkan, setibanya di bibir Air Terjun 7 Tingkat ini, lelah akibat menuruni lembah akan sirna dan terbayar lunas. Sebab, Air Terjun Tujuh Tingkat ini memang indah dan mempesona.

Tinggi air terjun ini kurang lebih 40 meter, lumayan tinggi, ini membuat air tumpah dengan derasnya. Yang unik lagi, ada undakan-undakan, bila dihitung memang benar sesuai bilangan 7 tingkat yang dilalui derasnya air.

BACA JUGA:Disbudpar Muratara Lihat Potensi Wisata di Desa, Yuk Intip Desa Mana Saja

Bagi para penggemar kegiatan alam bebas, berkemah, berwisata menuruni lembah, dan suka kawasan hijau, amat cocok untuk berkunjung ke Curup Buluh.

Saking terkenalnya air terjun ini, sering dipakai syuting acara-acara televisi lhoo. Ditambah lagi, suasananya yang hening, tenang, adem, dan hanya terdengar gesekan bambu dan gelora air deras, seperti instrumentalia yang menenangkan pikiran, bikin segar deh pokoknya.

Disarankan juga bagi wisatawan untuk membawa bekal seperti air minum dan makanan, karena di lokasi air terjun, belum begitu banyak pedagang yang menyediakan jajanan. Sesampainya di lokasi, bekal makanan bisa dibuka dan dimakan sambil memandangi indahnya Air Terjun Tujuh Tingkat ini.

Obyek wisata alam kebanggaan warga bumi seganti setungguan ini biasanya ramai dikunjungi para pengunjung pada hari Sabtu dan Minggu. Air Terjun ini berlokasi di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat.


BACA JUGA: 5 Destinasi Wisata di Pangkalpinang yang Bisa Kamu Kunjungi Selama Liburan Akhir Tahun

6. Air Terjun Kambas

Rekomendasi wisata selanjutnya berupa air terjun. Air Terjun Kambas memiliki ketinggian mencapai 50 meter. Untuk bisa mencapai lokasi dari air terjun ini, maka Anda perlu berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit dari Desa Ulak Lebar.

Nantinya Anda juga perlu melewati area perkebunan dan aliran Sungai Kambas. Sehingga selama perjalanan Anda sudah akan disuguhi pemandangan yang begitu memukau.

Namun ketika Anda telah sampai di lokasi, maka semua lelah Anda akan terbayar dengan lunas. Karena pemandangan dari air terjun tersebut memang begitu mengagumkan dan memanjakan mata.

BACA JUGA:Menilik Pesona Wisata Alam Bukit Grenden, Tawarkan Spot Foto yang Menarik dan Instagramable

Air Terjun Kambas terletak di Desa Ulak Lebar, Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten OKU.

7. Air Terjun Ayek Deghian



Cughup Ayek Deghian merupakan salah satu bagian 7 rangkaian Air Terjun dari aliran Sungai Deghian yang ada di Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.

Dalam bahasa daerah Empat Lawang, Cughup berarti Air Terjun, Ayek berarti Air atau Sungai sedangkan Deghian berarti buah Durian.


Asal usul dinamakan Cughup Ayek Deghian karena warna air yang terdapat di air terjun ini sangatlah jernih seperti warna air di dalam kulit buah durian.

Di Indonesia, supaya orang yang makan buah durian tidak mabuk durian maka bisa menuangkan air putih (air mineral) ke dalam kulit durian. Air yang dituangkan ke dalam kulit durian berwarna putih jernih (bening)
.

BACA JUGA:Wajib Dikunjungi, Ini 5 Tempat Wisata Murah di Sekayu Paling Hits dan Instagramable

Nah, seperti itulah jernihnya air yang terdapat di dalam aliran Cughup Ayek Deghian. Hingga kini masyarakat Empat Lawang khususnya Desa Sawah mengenal air terjun ini dengan nama Cughup Ayek Deghian.

Jarak tempuh dari Desa Sawah ke Cughup Ayek Deghian membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit.
Dari Desa Sawah kita bisa memarkir kendaraan roda empat di Talang Kelop dan bisa memarkir kendaraan roda dua di dekat lokasi Cughup Ayek Deghian.



Sepanjang perjalanan menuju Cughup Ayek Deghian kita akan disuguhkan pemandangan alam yang memesona. Gagahnya merapi Gunung Dempo yang menjulang tinggi, hijaunya deretan bukit barisan yang indah bak lukisan, rimbunnya pepohonan dan sejuknya udara khas hutan hujan tropis, perkebunan sayur mayur yang tertata rapi dan luasnya perkebunan kopi robusta yang merupakan komoditas utama masyarakat Kabupaten Empat Lawang.



Cughup Ayek Deghian bersumber langsung dari lembah merapi gunung Dempo, keunikan lain yang dimiliki oleh air terjun ini adalah rasa asam pahit yang terdapat di dalam air terjun karena memiliki kandungan sulfur (belerang) yang dipercaya oleh masyarakat setempat bisa mengobati berbagai macam penyakit kulit.

BACA JUGA:Keren! 7 Pesona Wisata Indonesia Ini, Jadi Rekomendasi Tempat Liburan Pesohor Dunia

8. Air Terjun Temam Lubuklinggau

Seperti yang kita ketahui, Sumatera Selatan memang terkenal dengan kekayaan alamnya yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung dan berlibur di Bumi Sriwijaya salah satunya Air Terjun Temam.

Air Terjun Temam Lubuklinggau merupakan salah satu daya tarik wisata alam dan surga tersembunyi di Sumatera Selatan yang biasa disebut dengan miniatur air terjun Niagara yang terkenal di Kanada.

Dimana air terjun yang indah ini bisa dilihat dari berbagai penjuru dengan ketinggian 12 meter dan lebar sekitar 25 meter yang dikelilingi oleh batu-batuan alam dan membentang satu satu sisi ke sisi lain sehingga menjadikan wisata ini terlihat sangat gagah.

BACA JUGA:Kamu Pengantin Baru? 6 Objek Wisata di Bangka Belitung Ini Cocok untuk Tempat Honeymoon

Seperti yang kita ketahui, Sumatera Selatan memang terkenal dengan kekayaan alamnya yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung dan berlibur di Bumi Sriwijaya. Saat ini Air Terjun Temam telah dilengkapi fasilitas Waterpark yang sangat menarik bagi pengunjung yang datang untuk berekreasi air dengan keluarga.

Sehingga menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata yang terletak di Kelurahan Rahma, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan.

Nah, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi wisata Air Terjun Temam ini hanya membutuhkan waktu 30 menit dari pusat Kota Lubuklinggau dengan mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat melalui dua jalan masuk alternatif yaitu jalan masuk ke arah Kelurahan Rahma dengan kondisi jalan penghubung yang cukup baik.

Saat kamu tiba di area Air Terjun Temam, kamu akan melihat penataan lokasi yang bersih dan tertata dengan baik. Saatnya untuk kamu menyusuri jalan setapak dengan menuruni anak tangga yang jumlahnya sekitar 100 anak tangga.

BACA JUGA:Menilik Air Terjun Temam Lubuklinggau, Surga Tersembunyi di Sumatera Selatan

Namun, trekking yang akan kamu lalui tidak seperti lokasi air terjun pada umumnya, untuk mencapai kesini kamu tidak perlu bersusah payah.

Kamu hanya akan diajak untuk menyusuri sebuah taman yang dikelilingi pepohonan yang rindang serta suara deburan Air Terjun Temam sudah dapat kamu dengar ketika menyusuri jalan setapak dan pastinya suara tersebut bisa membuat kamu tenang.

Air Terjun Temam merupakan aliran dari Sungai Temam, itulah mengapa dinamakan demikian. Air terjun Temam mulai dikenalkan oleh orang-orang Belanda pada tahun 1920 silam, karena lokasi tersebut merupakan lokasi tempat berliburnya mereka pada saat itu.

Oleh sebab itulah, jika kamu mencari wisata alam di Lubuklinggau, Air Terjun Temam sangat cocok untuk kamu kunjungi dan nikmati bersama keluarga, sahabat maupun orang terkasih.

BACA JUGA:Libur Natal dan Tahun Baru, Pengunjung Objek Wisata Air Terjun Temam Melonjak

9. Air Terjun Gunung Nyawe

Bagi Anda yang tertarik untuk datang berkunjung dan berwisata di tempat ini, maka dapat melakukan sebuah perjalanan yang tidak terlalu berbahaya.

Hal ini dikarenakan lokasi wisata alam satu ini berada di sebuah desa, yang mana Anda dapat bermain ke tempat ini dengan sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan kendaraan pribadi dengan optimasi waktu sekitar 1 jam saja.

Akses untuk datang di tempat ini cukup baik, dikarenakan seluruh jalanan yang akan dilalui sudah beraspal semua. Dengan begitu, akan jauh memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin datang ke Air Terjun Gunung Nyawe.

BACA JUGA:Bentar Lagi Liburan Imlek 2023, Ini 5 Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Malam Terbaik di Babel

Setelah itu, Anda akan menyusuri sebuah jalan setapak yang akan menunjukkan kepada sebuah panorama pemandangan air terjun yang sangat indah dan menakjubkan.

Anda akan dibuat takjub dengan keindahan yang ditawarkan oleh wisata alam ini. Dengan ketinggian air terjun sekitar 90 meter, akan membuat pemandangan mata sangat menarik.

Dibalik air terjun tersebut tumbuh banyak sekali tanaman liar, yang mana akan membuat dan menciptakan kesan keindahan tersendiri. Sehingga tak heran, apabila wisata air terjun ini memiliki nuansa yang sangat sejuk dan segar. Air terjun ini terletak di Talang Sejemput, Kec Pulau Pinang, Lahat.

10. Air Terjun Haman

BACA JUGA:13 Tahun Bergabung di Soneta, Pemain Suling Rhoma Irama Mengaku Sulit Iringi Lagu Ini, Kok Bisa!

Belum puas dengan banyak pilihan air terjun di atas, masih ada lagi kenampakan curug indah yang bisa Anda kunjungi.

Air terjun haman memiliki pesona tersendiri yang membuatnya ramai dikunjungi wisatawan. Ketinggian air sebetulnya tidak terlalu tinggi namun hamparan airnya sangat indah untuk diamati dan memanjakan mata.

Curug ini dikenal tidak terlalu deras sehingga aman untuk melakukan banyak aktivitas seru.

Selain itu Anda juga tak perlu khawatir medan yang sulit saat datang. Medan yang dilewati aman dan terjaga dengan baik sehingga perjalanan pengunjung tidak akan kesulitan.

BACA JUGA:Pengumuman Resmi dari OJK, Berikut Ini Modus Pinjol Ilegal yang Patut Diwaspadai

Itulah tadi 10 rekomendasi air terjun terindah di Sumatera Selatan, yang pesonanya bikin kamu betah untuk berlama-lama.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: