Honda

Gerai TIP Jalan Tol Diisi UMKM, Termasuk Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayuagung

Gerai TIP Jalan Tol Diisi UMKM, Termasuk Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayuagung

Ilustrasi kawasan TIP di salah satu ruas jalan tol di Indonesiia-BPJT Kementerian PUPR-bpjt.pu.go.id

PALEMBANG, PALPRES.COM – Kehadiran Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) di Jalan Tol yang diisi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), menjadi sebuah kebutuhan bagi pengguna Jalan Tol.

Bahkan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) selaku pengelola Jalan Tol, diwajibkan mengalokasikan lahan minimal 30% dari total luas lahan area komersial untuk UMKM, pada Jalan Tol yang telah beroperasi maupun dalam tahap konstruksi.

Termasuk di Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang, Kayuagung.

Sebagaimana dirilis Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam situs resminya bpjt.pu.go.id, sebanyak 1.850 UMKM yang telah mendirikan gerainya di seluruh TIP yang berada di beberapa ruas Jalan Tol di Indonesia.

BACA JUGA:Pemilik KIS Dapat Dana Bansos BPNT Rp2.400.000, Berikut Jadwal dan Tahapan Pencairan

Mulai dari di wilayah Banten ada 143 UMK  di TIP Jalan Tol Jakarta - Tangerang, Jalan Tol Pondok Aren - Serpong, dan Jalan Tol Tangerang - Merak. 

Selanjutnya di wilayah Jawa Barat ada 419 UMKM di TIP Jalan Tol Jagorawi, Jalan Tol Jakarta - Cikampek, Jalan Tol Cikampek - Palimanan, Jalan Tol Cikampek - Padalarang, Jalan Tol Padalarang - Cileunyi, dan Jalan Tol Palimanan - Kanci.

Kemudian di wilayah Jawa Tengah ada 587 UMKM di TIP Jalan Tol Kanci - Pejagan, Jalan Tol Pejagan - Pemalang, Jalan Tol Pemalang – Batang, Jalan Tol Semarang - Batang, Jalan Tol Semarang ABC, Jalan Tol Semarang - Solo, dan Jalan Tol Solo - Ngawi.

Lalu di wilayah Jawa Timur ada 178 UMKM di TIP Jalan Tol Ngawi - Kertosono, Jalan Tol Kertosono – Mojokerto, Jalan Tol Surabaya - Mojokerto, Jalan Tol Surabaya - Gempol, dan Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo.

BACA JUGA:Giliran Pemilik Kartu KIS Bisa Dapat Bansos BPNT Rp2.400.000, Cek di Link Ini!

Selain itu, di wilayah Sumatera ada 514 UMKM di TIP Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi, Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar, dan Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang, Kayuagung. 

Di wilayah Kalimantan Timur ada 9 UMKM di TIP Jalan Tol Balikpapan - Samarinda.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagaimana  tertera dalam situs resmi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) bpjt.pu.go.id, mengatakan bahwa peningkatan kualitas jalan tol dan rest area harus terus dilakukan secara berkelanjutan.

“Kehadiran rest area juga didorong untuk dapat memberikan manfaat ekonomi yang nyata bagi perekonomian masyarakat lokal, melalui penyediaan kios-kios bagi UMKM untuk mempromosikan produk dan kuliner lokal,” ujarnya.

BACA JUGA:INFO TERBARU! Gaji 13 PNS dan THR 2023 Naik 3,3 Persen, Cair di Tanggal Ini

Saat ini presentase UMKM pada TIP mencapai 72% dan 28% untuk non-UMKM. 

Sehingga secara keseluruhan total UMKM yang sudah mendirikan gerainya di seluruh TIP terbagi menjadi sebanyak 1.850 UMKM dan 709 Non-UMKM. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bujt kementerian pupr