Honda

Ayo Kenali 5 Bahasa Daerah yang Ada di Kabupaten Empat Lawang

Ayo Kenali 5 Bahasa Daerah yang Ada di Kabupaten Empat Lawang

Kantor Bupati Empat Lawang, Sumatera Selatan.-Eko Palpres.com-

Mayoritas dialeknya sama kecuali ada beberapa kata tertentu. Jika dialek 'o' mengatakan 'nedo' untuk tidak, dialek 'e' menggunakan kata 'nede', maka di Desa Karang Dapo Kecamatan Sikap Dalam mereka memakai 'ne e' tidak pakai fonem 'd'. 

2. Bahasa Besemah 

Bahasa Besemah adalah bahasa mayoritas masyarakat Kota Pagaralam dan Kabupaten Lahat. 

Sedangkan di Empat Lawang ada satu kecamatan yang masyarakatnya adalah penutur asli bahasa Besemah ini yakni Kecamatan Pasemah Air Keruh.  

Adat istiadat dan bahasa di daerah ini memang masih kental kebesemahannya meskipun wilayahnya masuk dalam Kabupaten Empat Lawang. 

BACA JUGA:7 Bahasa Daerah di Sumatera Selatan yang Kamu Harus Tahu

Kecamatan ini merupakan Kecamatan paling susah dicapai dari ibukota Empat Lawang, yaitu Tebing Tinggi. 

Namun, wilayah ini cukup kaya hasil pertaniannya baik sawah atau kopi. Seperti pekerjaan umumnya masyarakat Besemah bertani atau berkebun terutama kopi. 

Ada juga penutur bahasa Besemah dialek Kikim di beberapa desa di Kecamatan Tebing Tinggi yang berbatasan dengan wilayah Kikim di Kabupaten Lahat. 

Menurut budayawan Besemah Ahmad Bastari Suan, bahasa Kikim, Lahat, Merapi dan lainnya yang mirip semuanya adalah bahasa Besemah tetapi dengan dialek masing-masing.  

3. Bahasa Col 

Bahasa col/cul ini banyak dituturkan di Kecamatan Muara Saling yang berbatasan dengan Kabupaten Musi Rawas. 

Menurut para ahli bahasa col ini secara keilmuan dikategorikan dalam bahasa Lembak yang penuturnya banyak di Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu. 

Bahasa ini cukup sulit dimengerti oleh penutur bahasa lain di Empat Lawang karena ada kekhasan pengucapan. Meskipun kalau mereka berbicara pelan-pelan bagi masyarakat Empat Lawang masih bisa dimengerti.  

4. Bahasa Musi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: