Honda

MANTAP! Jalan Tol Kapal Betung Tahap Akhir Konstruksi

MANTAP! Jalan Tol Kapal Betung Tahap Akhir Konstruksi

Jembatan Ogan yang menjadi titik penghubung pada ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) menuju Jambi digadang-gadang merupakan jembatan tol terpanjang di Indonesia-Tangkapan layar-IG/@anaksungai.tv

BACA JUGA:Penghapusan STNK Mulai Berlaku Tahun ini, Pemda Diminta Setop Pemutihan Pajak Kendaraan

Kemudian Seksi 2B Kramasan - Musilindas (24,90 Km) saat ini masih dalam tahap konstruksi dengan progres mencapai 62,96% ,dan Seksi 3 Musilindas - Betung (44,29 Km) progres konstruksi mencapai 39,02% dan ditargetkan selesai konstruksi seluruhnya pada Agustus 2023 mendatang.

Sementara itu, ternyata jembatan tol terpanjang di Indonesia ada di Jalan Tol Kapal Betung menuju Jambi.

Namanya adalah Jembatan Ogan

Jembatan ini menghubungkan wilayah perairan di hulu dan hilir sungai Ogan.

BACA JUGA:Kabar Gembira, 117 Juta Jiwa Dapat 4 Jenis Dana Bansos 2023, Resmi dari Mensos Risma

Jembatan Ogan ini menjadi titik penghubung pada ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) menuju Jambi, yang digadang-gadang merupakan jembatan tol terpanjang di Indonesia.

Jembatan sepanjang 1,6 Km ini dibangun menggunakan produk-produk lokal asli Indonesia, dengan lebar bentang utama 385 meter, clearance horizontal 185 meter dan clearance vertikal 16,5 meter.

Jembatan Ogan ini merupakan salah satu dari beberapa jembatan yang berada di ruas tol Kapal Betung, yang diyakini akan memberikan kontribusi mengurai kepadatan lalu lintas yang selama ini terjadi.

Jembatan ini berada di KM 364 menghubungkan antara Desa Rasau dengan Desa Harapan Kecamatan Pamulutan Kabupaten Ogan Ilir, yang dapat memicu geliat ekonomi warga.

BACA JUGA:Walau Tak Punya Kartu KIP, Kamu Bisa Dapat Bansos Rp1.000.000, Begini Caranya!

Hal itu dikarenakan, dengan adanya tol ini akan mempersingkat waktu yang sebelumnya 90 menit menjadi 30 menit, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga setempat.

Menariknya, jembatan yang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo tersebut dihiasi dengan Ornamen Songket Palembang di sepanjang parapetnya.

Selain itu, disekitar jembatan juga dibangun Replika Candi Muara Takus yang melambangkan situs sejarah Kerajaan Sriwijaya.

Dikutip palpres.com dari binamarga.pu.go.id, jalan tol yang dikelola oleh PT Waskita Sriwijaya Tol dibangun dalam dua tahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: