Honda

Pendaftaran SPAN PTKIN 2023 Dibuka, Kepala Madrasah Buruan Daftarkan Siswanya

Pendaftaran SPAN PTKIN 2023 Dibuka, Kepala Madrasah Buruan Daftarkan Siswanya

Sosialisasi SPAN PTKIN 2023 Dikemas Konten Kreatif --palpres.com

SURABAYA, PALPRES.COM –Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) 2023 resmi dibuka pendaftaran.

Saat ini, pendaftaran SPAN PTKIN 2023 khusus untuk siswa madrasah.

Untuk kali ini, kepala madrasah bisa melakukan pendaftaran siswanya untuk mengikuti SPAN PTKIN 2023 pada 17 Januari hingga 13 Februari 2023.

Jalur seleksi ini merupakan seleksi yang dilakukan secara bersama seluruh UIN, IAIN dan STAIN seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Renyah dan Empuk, Resep Pisang Molen Cemilan Pilihan Keluarga

Seperti diketahui proses penerimaan melalui jalur ini tidak menggunakan ujian tertulis.

Panitia akan melakukan seleksi berdasarkan pada prestasi akademik atau menggunakan nilai rapor dan prestasi lain yang relevan berupa portofolio.

Rektor UIN Raden Fatah Prof Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si., ikut hadir dalam peresmian pembukaan SPAN-PTKIN 2023 di Surabaya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan agar pelaksanaan seleksi perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama ini harus dilaksanakan secara jujur.

BACA JUGA:IKPB Sumsel Peringati 1 tahun, Ini Pesan Gubernur Sumsel

Menteri juga mengingatkan agar panitia di perguruan tinggi tidak koruptif atau melakukan pungutan liar.

"Jangan lakukan perilaku koruptif, jangan lakukan ini. Saya peringatkan, saya minta Inspektorat Jenderal untuk turun. Koruptif, nepotisme dan lain-lain, jangan dilakukan. Kita ingin di PTKIN memiliki komitmen untuk tidak melakukan itu," pesan Menteri yang dilansir Palpres.com melalui website SPAN-UM PTKIN 2023, Senin 23 Januari 2023.

Sementara itu, Ketua Panitia Nasional SPAN UM PTKIN, Imam Taufiq, menjelaskan selain SPAN PTKIN, nantinya juga akan dilakukan Ujian Masuk atau UM PTKIN.

Dua jenis seleksi in berbeda, jika SPAN PTKIN dilaksanakan berdasarkan prestasi akademik siswa, sementara UM PTKIN merupakan seleksi calon mahasiswa baru PTKIN melalui tes yang dilaksanakan di PTKIN yang dipilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: