Honda

WASPADA! Ini Desa-desa di Ogan Ilir yang Rawan Karhutla Tahun 2023

WASPADA! Ini Desa-desa di Ogan Ilir yang Rawan Karhutla Tahun 2023

Kapolres Ogan Ilir AKBP Andi Baso Rahman dan Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar saat meninjau kesiapan peralatan antisipasi Karhutla di OI.-Wijdan-palpres.com

INDRALAYA.PALPRES.COM - Tahun 2023 ini, Indonesia dan Ogan Ilir khususnya diprediksi akan mengalami kemarau cukup panjang. 

Untuk itu jika tidak diantisipasi sejak dini, akan banyak lahan di Kabupaten Ogan Ilir yang akan terbakar.

Akibatnya selain menimbulkan polusi asap, bahkan penerbangan bisa-bisa terganggu.

Ini yang membuat pihak Polres Ogan Ilir bersama Forkompinda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir, sudah menyiapkan segala sesuatunya.

BACA JUGA:Koin Jadul Rp1.000 Gambar Kelapa Sawit Dihargai Rp100 Juta? Ini 5 Cara Jualnya

Mulai dari pengecekan alat-alat pemadam kebakaran, lakukan berbagai sosialisasi kepada masyarakat terhadap membuka lahan untuk tidak dibakar, dan menggelar apel kesiapan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Pihak Polres Ogan Ilir juga sudah menerima informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa fenomena El Nino akan datang.

Kondisi itu dapat menyebabkan iklim Indonesia akan lebih kering, dan curah hujan akan cenderung di bawah normal akan terjadi pada pertengahan tahun 2023.

Oleh karena itulah, menurut dia, digelarnya apel siaga sebagai salah satu upaya mengantisipasi dan menangani kebaharan hutan dan layan di Ogan Ilir.

BACA JUGA:Kabar Gembira, 96 Juta Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan Terima Dana Bansos PKH Cair Februari 2023

Untuk mengantisipasi hal ini juga, sebanyak 700 personel gabungan akan dikerahkan untuk memadamkan api dari Kebakaran Hutan dan Lahan yang akan terjadi di Kabupaten Ogan Ilir di musim kemarau tahun 2023.

Sebanyak 700 personel gabungan ini terdiri dari TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tagana, Menggala Agni, Damkar. Selain itu, Polres yang memiliki tim Avatar dari Samapta yang tugasnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat juga akan diterjunkan untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

Selain tim gabungan, penanggulangan karhutla akan dibantu Masyarakat Peduli Api.

Diketahui, Masyarakat Peduli Api sudah sangat eksis dari  tahun ke  tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com