Honda

Seleksi Calon Petugas Haji Tahun 2023 Gunakan Sistem CAT, Intip Yuk Prosesnya

Seleksi Calon Petugas Haji Tahun 2023 Gunakan Sistem CAT, Intip Yuk Prosesnya

Calon Petugas Haji Ikuti Tes CAT -Eko Palpres.com-

PAGARALAM, PALPRES.COMSeleksi calon petugas haji pada 1444 Hijriyah atau 2023 Masehi menggunakan skema Seleksi yang serupa dengan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Dalam tahapan tes kompetensi seleksi calon petugas haji menggunakan skema Computer Assested Test (CAT).

Hal itu juga dilaksanakan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Pagaralam melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh yang menggelar pelaksanaan seleksi tes calon petugas haji tahun 1444 H/2023 M, bertempat di halaman Kantor Kemenag Pagaralam.

Kasi Pelayanan Haji dan Umroh H Silahuddin mengatakan, tes calon petugas haji di ikuti 17 Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan rincian formasi (PPHI) Kloter dan (PPIH) Arab Saudi, yaitu PPHI Kloter ketua kloter satu peserta dan pembimbing ibadah haji satu peserta.  

Adapun petugas haji PPIH Arab Saudi diikuti 15 peserta, yaitu tiga akomodasi, delapan katering, empat transportasi, satu pembimbing ibadah dan satu pengolah data dan siskohat. 

BACA JUGA:Dandim 0405/Lahat Pimpin Sertijab Puluhan Perwira, Tapi Kok Ada yang Aneh? Apa ya

“Seleksi yang dilaksanakan ini untuk tingkat Kabupaten/Kota dan peserta telah melalui proses seleksi administrasi,” jelasnya.

Menurut Silahudin, tes calon petugas haji menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), sistem seleksi dengan alat bantu komputer atau android yang digunakan mendapatkan hasil yang memenuhi standar minimal kompetensi. 

Sementara, Kakankemenag Kota Pagaralam, H Santoso menyampaikan, bahwa seluruh peserta mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi petugas haji melalui persaingan yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan. 

“Kepada seluruh pihak yang terlibat, dalam proses rekrutmen petugas menjunjung tinggi nilai sportivitas, fair dan profesional,” tandasnya. 

BACA JUGA:Koin Jadul Rp1.000 Gambar Kelapa Sawit Dihargai Rp100 Juta? Ini 5 Cara Jualnya

Secara nasional sebagaimana dilansir dari beberapa sumber, tahapan seleksi calon petugas haji pada 1444 Hijriyah atau 2023 Masehi menggunakan skema seleksi yang serupa dengan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Dalam tahapan tes kompetensi seleksi calon petugas haji menggunakan skema Computer Assested Test (CAT).

Seleksi calon petugas haji 1444 H/2023 M memasuki tahap berikutnya. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, hari ini melaksanakan tes kompetensi dengan skema Computer Assested Test (CAT) Tahap ini digelar serentak di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Ini merupakan CAT tahap pertama. 

Peserta yang lolos seleksi akan mengikuti CAT dan praktik pada seleksi di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: