Honda

Cek Jadwal Resmi Pencairan Bansos PKH 1 Disini! Pemilik NIK e-KTP Bisa Dapat Cuan Rp1.850.000

Cek Jadwal Resmi Pencairan Bansos PKH 1 Disini! Pemilik NIK e-KTP Bisa Dapat Cuan Rp1.850.000

Ilustrasi-palpres.com-

JAKARTA, PALPRES.COM – Setelah anggaran Kemensos ditetapkan sekitar Rp 78 Triliun pada tahun ini, bansos PKH pun resmi dilanjutkan. 

Setidaknya bansos andalan Kemensos tersebut tetap akan menargetkan 10 juta penerima manfaat dengan total anggaran  Rp28,7 triliun. 

Hal ini bisa dilihat secara lengkap pada postingan video reels pada akun instagram resmi @Kemensosri pada 1 Februari 2023 lalu. 

Dimana Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan pemberian bansos dengan anggaran terbesar nomor 2, setelah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Sembako.

BACA JUGA:Prakerja Gelombang 48 Dibuka, 4 Tipe NIK KTP Bisa Dapat Cuan Rp4.200.000, Cek Syaratnya Disini!

Jika merujuk pada juknis yang ada, setidaknya disamakan dengan penyaluran pada PKH Pada Tahap 1 tahun lalu akhir Januari tadi merupakan jadwal pencairan bantuan tersebut. 

Akan tetapi, ternyata tidak juga kunjung cair. 

Nah, untuk alasan pastinya belum ada surat resminya dan masyarakat penerima manfaat harus sedikit menambah waktu menunggu mereka sedikit lebih lama lagi. 

Begitupun untuk teknis penyaluran saat ini, belum bisa dipastikan. 

BACA JUGA:Penerima Bansos Bisa Dapat Modal Usaha Rp5.500.000 Tahun Ini, Begini Syarat dan Ketentuannya!

Akan tetapi melihat dari tugas terakhir yang diberikan Direktorat Jamin Sosial (Linjamsos) kepada pendamping sosial PKH beberapa waktu lalu, yang memerintahan untuk melakukan rekonsiliasi bantuan tahap 4 melalui website esdmpkh dengan 2 cara input, maka bisa dipastikan Kemensosri akan menerapkan  cara penyaluran pada seperti itu juga untuk tahun ini. 

Pencairan bansos akan dilakukan lewat Bank Himbara melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau berbentuk tunai melalui kantor pos.

Di sisi lain, informasi terkait jadwal penyaluran bansos PKH Tahap 1 2023 sempat disinggung oleh Plt. Dirjen Linjamsos Robben Rico seperti dikutip pada youtube resmi @linjamsosoke. 

Rico mengatakan telah berbicara kepada Mensos untuk mengundur sedikit waktu penyaluran untuk bansos PKH Tahap 1 2023, dikarenakan Pendamping Sosial yang mendampingi penyaluran bansos akan fokus pada survei data pada minggu ke 3 atau ke 4 bulan Februari ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: