Honda

Masjid Ikonik Mantan Bupati Lahat Kafrawi Rahim Bakal Direnovasi Bakal Dilengkapi Islamic Center

Masjid Ikonik Mantan Bupati Lahat Kafrawi Rahim Bakal Direnovasi Bakal Dilengkapi Islamic Center

Bupati Lahat, Cik Ujang SH (baju biru) dan kepala OPD, menghadiri harlah satu abad PC NU Lahat, di Masjid Agung Al Muttaqin, Ahad 19 Februari 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Jika tidak ada aral melintang, bangunan Masjid ikonik Al Muttaqien yang terletak di Kelurahan Pagar Agung, Kecamatan Kota Lahat dan merupakan kenangan dari Bupati Lahat, Drs H Kafrawi Rahim yang diresmikan pada 31 Oktober 1992 akan direnovasi secara keseluruhan pada 2024 mendatang.

Demikian dikatakan, Bupati Lahat, Cik Ujang SH pada saat menghadiri hari lahir (Harlah) satu abad Pimpinan Cabang (PC) Nahdatul Ulama (NU).

"Masjid yang didirikan oleh Almarhum H Kafrawi Rahim ini, di 2024 akan diperbaiki keseluruhannya, sehingga lebih minimalis dan modern terlihatnya," sebutnya, Selasa 21 Februari 2023.

Dirinya menambahkan, pembangunan masjid ini dulunya dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah, pada pemerintahan saat itu apalagi kaitannya dengan lahan.

BACA JUGA:Harlah Satu Abad NU, Ini Dia Harapan Warga Nahdliyin untuk Kabupaten Lahat

"Oleh karena inilah, Masjid Al Muttaqien kebanggaan masyarakat Kabupaten Lahat, penuh akan memori yang begitu banyak mesti menjadi ikon," ungkap Cik Ujang.

Cik Ujang menerangkan, nantinya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), akan membuat design yang akan membuat lebih baik lagi, dengan tidak meninggalkan item-item selama ini menjadi ciri khas.

"Bangunan ini sangat megah dan luas sekali, dan letaknya pas sekali berada di ketinggian, sehingga kita dapat memandang dari kejauhan Kota Lahat tercinta ini," ulasnya.

Dengan demikian, lanjut dia, akan memberikan kemudahan bagi jemaah, dalam beribadah semakin khusyuk dan kedepannya akan dibuatkan Islamic Center.

BACA JUGA:Bupati Lahat Umrohkan 2 Warga Mulak Sebingkai, Gegara Hal Mulia Ini

"Tujuannya, supaya akan ada perpustakaan, maupun sarana prasarana lainnya, untuk mengkaji dan belajar serta membaca Kitab Suci Al-Qur'an, termasuk juga ketika menyelenggarakan kegiatan keagamaan lainnya," tandas Cik Ujang.

Sementara itu, Ketua Masjid Al Muttaqien, Dedi Supriadi SE MM menuturkan, pihaknya sangat berterima kasih atas perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam hal ini Bupati Lahat.

"Memang, struktur bangunan sudah sangat lama sekali, karena diresmikan oleh Bupati Lahat, Drs H Kafrawi Rahim, 31 Oktober 1992 silam. Dan sudah sewajarnya kalau direnovasi sehingga terlihat lebih indah, modern dan representatif," paparnya.

BACA JUGA:BLT Rp900.00 Segera Cair Jelang Ramadan 2023, Pemilik KTP dan KIS Bisa Dapat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: