Honda

Kapolda dan Wakapolda Sumsel Ikuti Tes Kesamaptaan Jasmani, Materinya Push Up Hingga Lari Sejauh 2.400 Meter

Kapolda dan Wakapolda Sumsel Ikuti Tes Kesamaptaan Jasmani, Materinya Push Up Hingga Lari Sejauh 2.400 Meter

Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK MIK bersama Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain SIK M Si dan PJU Polda Sumsel mengikuti kesamaptaan jasmani guna mengukur kemampuan fisik Personel Polri.-Dok Palpres-Palpres.com

PALEMBANG, PALRPES.COM- Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK MIK bersama Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain SIK M Si dan PJU Polda Sumsel mengikuti kesamaptaan jasmani.

Hal itu dilakukan guna mengukur kemampuan fisik Personel Polri maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) Polda Sumsel, di lapangan Pakri Palembang, Jumat 24 Februari 2023.

Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK yang turut hadir dalam tes Samapta ini juga menegaskan, bahwa tes ini akan dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam Pembinaan Karier Personel Polri dan menjadikannya tolak ukur untuk mempersiapkan fisik dan jasmani.

“Bagi yang akan melaksanakan pendidikan, untuk itu diharapkan seluruh personel Polri dan PNS jajaran Polda Sumsel dalam pelaksanaannya dapat bersungguh-sungguh dengan tetap mengutamakan unsur-unsur safety,” cetus Mantan Kapolda Jambi.

BACA JUGA:Mampu Terapkan Tribrata dan Catur Prasetya, Kapolda Sumsel Bangga Kepemimpinan Kapolres Mura

Sementara itu, Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK melalui Kabag Watpers AKBP Fachruddin Jaya SIK mengatakan, bahwa tes kesamaptaan jasmani dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan jasmani baik personel Polri maupun PNS Polda Sumsel.

“Ya, tes kesamaptaan jasmani ini, guna mengukur kemampuan fisik personel Polri maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di Polda Sumsel,” katanya.

AKBP Fachruddin menjelaskan, tes Samapta ini dilaksanakan setiap enam bulan sekali (setiap semester) bertujuan untuk mengetahui secara umum tingkat kemampuan fisik personel Polda Sumsel dan hasil tes digunakan sebagai bahan laporan semester sehingga tes Samapta ini mutlak dilaksanakan oleh seluruh personel setiap enam bulan sekali.

"Tes yang diselenggarakan oleh anggota Watpers Ro SDM Polda Sumsel dengan dinas personel untuk penilaiannya pun disesuaikan dengan usia," jelasnya.

BACA JUGA:Kuota Terbatas! Segera Daftar Kartu Prakerja 2023, Bisa Dapat Dana Rp4.200.000

Dia menambahkan, sebelum pelaksanaan tes Samapta terlebih dahulu dilaksanakan cek tensi tekanan darah oleh seksi kesehatan, maksud diadakan cek kesehatan ini untuk mengetahui kesiapan seluruh personel bisa mengikuti samapta atau tidak.

"Karena, apabila ada anggota yang tekanan darahnya tinggi tidak diperbolehkan mengikuti tes Samapta dan diharapkan pelaksanaan Samapta kali ini tidak ada kejadian yang tidak diinginkan, selanjutnya dilaksanakan pemanasan atau peregangan otot yang dipimpin oleh anggota Watpers Ro SDM Polda Sumsel," tambahnya.

Para personel Polda Sumsel menjalani tes Samapta A dan B bagi Personel Polri sedangkan PNS hanya melaksanakan Samapta A saja. 

Adapun materi tes kesamaptaan jasmani meliputi samapta A yaitu lari sejauh 2.400 meter, sedangkan samapta B terdiri dari pull up, sit up, push up, dan suttle run.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: