Honda

OKU Timur Kembali Berhasil Raih Sertifikat Adipura ke 8

OKU Timur Kembali Berhasil Raih Sertifikat Adipura ke 8

Bupati OKU Timur Ir H Lanosin menerima langsung sertifikat Adipura Tahun 2022 untuk Kota Martapura yang masuk kategori Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti jalan Gatot Subroto Jak-Dok Palpres-Palpres.com

JAKARTA, PALPRES.COM- Bupati OKU Timur Ir H Lanosin menerima langsung sertifikat Adipura Tahun 2022 untuk Kota Martapura yang masuk kategori Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat Selasa, 28 Februari 2023.

Sertifikat Adipura ini diberikan sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada daerah yang mengalami peningkatan dalam pengelolaan lingkungan hidup.

"Ini merupakan penghargaan untuk kita semua atas upaya kerja keras yang telah kita lakukan terkait kebersihan lingkungan hidup," kata Bupati setelah menerima sertifikat. 

Bupati Enos juga mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya bisa menjadi salah satu dari penerima sertifikat adipura. 

BACA JUGA:HORE, Pemkab OKU Timur Terima Hibah Mobil Damkar dan Ambulance Dari Kemendagri RI

"Alhamdulillah, penghargaan Adipura Tahun 2022 ini merupakan yang ke-8 kalinya, meskipun hanya mendapatkan sertifikat Adipura, namun kita sangat optimis Tahun 2023 bisa membawa Piala Adipura,” tutur Bupati. 

Tidak lupa, Bupati juga mengapresiasi seluruh lapisan masyarakat yang telah bersama-sama menjaga kebersihan di Bumi Sebiduk Sehaluan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah menjaga kebersihan lingkungan di OKU Timur umumnya dan Kota Martapura khususnya,” ucapnya. 

Bupati berharap, raihan ini bukan hanya menjadikan Kota Martapura menjadi bersih dan teduh, namun pesan moral yang harus dijadikan pegangan dan tujuan utama adalah bagaimana mengubah pola laku masyarakat. 

BACA JUGA:SIMAK! 10 Golongan Ini Ditolak jadi Penerima Bansos Kemensos Tahun 2023, Siap-siap Kembalikan Dana Bansos

"Kondisi seperti ini tentu mendorong kita untuk saling bersinergi menjadikan Kota Martapura sebagai kota yang bersih dan teduh," harap Bupati. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU Timur Feri Hardiansyah, ST yang turut mendampingi Bupati Enos menerima sertifikat menyampaikan bahwa sistem penilaian dan jumlah penghargaan Adipura semakin kompetitif, dimana jumlah penerima adipura pada tahun 2022 hanya 80 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia. 

"Dalam penilaian Adipura ini terdapat bobot lokasi, komponen dan sub komponen. Adapun bobot lokasi capaian kinerja terdiri dari 20 lokasi dan salah satu bobot penilaian tertinggi adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) skornya mencapai 11," jelas Feri. 

Feri juga menambahkan, Adipura ini merupakan program nasional yang diselenggarakan setiap tahunnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: