Honda

Inflasi Sumsel Februari 2023 Relatif Terkendali di Bawah Nasional

Inflasi Sumsel Februari 2023 Relatif Terkendali di Bawah Nasional

Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia berupa bantuan modernisasi pertanian, bibit/benih tanaman, hingga edukasi petani milenial dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan pengendalian inflasi di Provinsi Sumatera Selatan-Humas BI Sumsel-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Indeks Harga Konsumen (IHK) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada bulan Februari 2023 mengalami inflasi sebesar 0,08 persen (mtm) atau melandai dibadingkan inflasi pada bulan sebelumnya sebesar 0,35 persen (mtm). 

Secara tahunan, realisasi inflasi Provinsi Sumatera Selatan tercatat sebesar 5,43 persen (yoy). 

Angka tersebut lebih rendah dari inflasi nasional yang tercatat 5,47% (yoy), sebuah perkembangan yang baik semakin dekat dengan inflasi nasional.

Inflasi pada bulan laporan utamanya disumbang oleh komoditas bawang merah dengan andil 0,072% (mtm), bimbingan belajar dengan andil 0,026% (mtm), beras andil 0,026% (mtm), ikan mujair andil 0,024% (mtm), dan jeruk andil 0,023% (mtm). 

BACA JUGA:Komoditas Cabai Merah dan Rokok Sumbang Inflasi Sumsel Januari 2023

Pada Februari 2023, biaya bimbingan belajar di Provinsi Sumatera Selatan mengalami peningkatan yang didorong oleh momentum persiapan periode ujian sekolah. 

Inflasi pada bulan laporan juga didorong oleh kenaikan harga pada beberapa komoditas pangan dimana tekanan harga pada komoditas bawang merah disebabkan oleh gangguan pasokan pada daerah sentra di Jawa akibat adanya cuaca ekstrim. 

Sementara inflasi beras terjadi seiring dengan puncak panen padi yang baru akan berlangsung pada bulan Maret mendatang. 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Erwin Soeriadimadja menyampaikan, sinergi antar lembaga menjadi kunci dalam menjaga tingkat inflasi Sumatera Selatan tetap stabil. 

BACA JUGA:Gerakan Sumsel Mandiri Pangan Ikut Andil dalam Pengendalian Inflasi Daerah

Bank Indonesia bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Selatan terus memperkuat koordinasi diantaranya melalui koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan Bulog Divre Sumsel terkait implementasi pasar murah khususnya jelang Ramadhan dan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri.

“Koordinasi juga terus ditingkatkan melalui optimalisasi program kerja zonasi TPID kota sampel inflasi serta perluasan Kerjasama Antar Daerah (KAD) salah satunya dengan Provinsi Bengkulu untuk menjaga pasokan cabai merah,”ungkap Erwin dalam keterangan tertulisnya

Bank Indonesia terus memperkuat sinergi implementasi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang ditandai dengan peluncuran empat program unggulan pengendalian inflasi pangan pada acara GNPIP Nasional pada 24 Februari lalu.

Dengan mengangkat Sinergi  dan  Inovasi  Untuk Ketahanan Pangan Nasional Melalui  Program Sumsel Mandiri Pangan; antara lain melalui sinergi KAD, modernisasi pertanian, sinergi penguatan gerakan tanam GNPIP dan GSMP, dan launching agenda pasar murah jelang HBKN Idul Fitri 1444 H & implementasi QRIS pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: