Honda

Jalankan Intruksi Presiden, PJ Bupati OKU Beri Pesan Bagi BPBD Soal ini?

Jalankan Intruksi Presiden, PJ Bupati OKU Beri Pesan Bagi BPBD Soal ini?

PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah-Istimewa/NET-

OKU, PALPRES.COM- Bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia menjadi sorotan Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo, sehigga mengeluarkan intruksi dalam upaya penguayan resilensi berkelanjutan menghadapi bencana tahun 2023.

Oleh sebab itu, PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah meminta seluruh jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU untuk bekerja maksimal dalam menanggulangi peristiwa bencana alam.

“Ya, saya pinta kepada Kepala BPBD dan jajarannya untuk selalu sigap 24 jam, bilamana dibutuhkan untuk penanggulangan bencana yang terjadi di Kabupaten OKU,” ungkap Teddy

Sebab, menurutnya, saat ini hampir seluruh negara mewaspadai perubahan iklim yang berpotensi meningkatkan frekuensi bencana alam.

BACA JUGA:Hore! BLT UMKM 2023 Rp6.000.000 Segera Cair, Pemilik e-KTP Bisa Dapat, Begini Caranya

Perubahan iklim ini menyebabkan frekuensi bencana alam di dunia naik drastis dan Indonesia menempati tiga teratas paling rawan terjadi bencana alam.

"Pak Presiden meminta kepada seluruh daerah untuk mempersiapkan mulai dari hulu sampai hilirnya, termasuk upaya-upaya mitigasi dalam rangka penanggulangan bencana alam," imbuhnya.

Dirinya pun menekankan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten OKU, agar lebih responsif dan tanggap serta profesional dalam menanggulangi peristiwa bencana alam.

"Termasuk kami juga meminta kepada OPD terkait supaya dapat menyederhanakan proses birokrasi dalam pemberian bantuan agar lebih cepat dan tepat sasaran," tegasnya.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ada 2 BLT Terbaru yang Akan Cair Jelang Lebaran 2023, Simak Cara Dapatnya

Sementara itu,  Kepala Pelaksana BPBD OKU Amzar Kristopa melalui Manager Pusdalpos, Gunalfi mengatakan, bahwa saat ini pihaknya telah mendirikan posko penanggulangan bencana di daerah-daerah yang berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor di wilayah itu. 

Setiap posko disiagakan puluhan personel BPBD dibantu relawan untuk siap siaga menghadapi bencana alam agar dapat ditanggulangi sedini mungkin.

"Termasuk peralatan penanggulangan bencana juga sudah siap. Bahkan, kami menggencarkan patroli ke sejumlah wilayah yang dipetakan rawan bencana alam," ujarnya.

Dijelaskannya, dari hasil pemetaan, terdapa daerah-daerah di Kabupaten OKU yang dipetakan rawan terjadi bencana banjir antara lain Kecamatan Ulu Ogan, Muara Jaya, Semidang Aji, Baturaja Barat, Baturaja Timur, Lubuk Batang, Peninjauan dan Kedaton Peninjauan Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: