Honda

Cyberbullying Berdampak 3 Dimensi, Ini Seruan Narasumber Webinar Kemenkominfo di Ogan Ilir

Cyberbullying Berdampak 3 Dimensi, Ini Seruan Narasumber Webinar Kemenkominfo di Ogan Ilir

Moderator Sonaria menyapa narasumber Pudyo Laksono yang juga Kepala SMAN 1 Indralaya.--palpres.com

BACA JUGA:Belum Ada Kepastian Kuota Calon Haji Ogan Ilir 2023

Dengan demikian agar kasus perundungan di dunia maya tidak terjadi, maka kata Pudyo harus ada etika di ruang digital sesuai nilai-nilai Pancasila.

Sila pertama nilai utamanya adalah cinta kasih; saling menghormati perbedaan kepercayaan di ruang digital.

Sila kedua nilai utamanya adalah kesetaraan; memperlakukan orang lain dengan adil dan manusiawi. 

Sila ketiga nilai utamanya adalah harmoni; mengutamakan kepentingan Indonesia di atas kepentingan pribadi atau golongan di ruang digital. 

BACA JUGA:Bunda Literasi Bangun Budaya Gemar Membaca

Sila keempat nilai utamanya adalah demokrasi; memberi kesempatan setiap orang untuk bebas berekspresi dan berpendapat.  

Sila kelima adalah gotong royong; yang mengacu kepada bersama–sama membangun ruang digital yang aman dan etis bagi setiap pengguna.

“Mari hormati privasi orang lain di dunia maya dan tidak menyebarluaskan informasi pribadi tanpa izin. Hindari penggunaan media sosial untuk menyerang atau mempermalukan orang lain,” ajak Pudyo di penghujung paparannya.

Narasumber lainnya yakni Dian Ikha Pramayanti, SPt MSi (Dosen, Writerpreneur, dan Entrepreneur). Dian menyampaikan materi berjudul “Aman Cyberbullying di Medsos”.

BACA JUGA: Dua Manuskrip Kuno Milik Kesultanan Palembang Darussalam Tampil di Festival Literasi se- Sumsel 2022

Sekedar informasi, untuk pelaksanaan Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2023 Regional Sumatera Selatan (Sumsel) selanjutnya masih di Kabupaten Ogan Ilir. Dengan judul “Mengenal Literasi Digital Sejak Dini” akan berlangsung Kamis (9/3/2023) pukul 10.00-12.00 WIB.

Sebagai Narasumber yakni Arief Rama Syarif (Founder Yayasan Komunitas Open Source) dan Sayadi SSos (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir). Bersama Key Opinion Leader Dr Endy Agustian ST MEng (Lecturer/Influencer/Duta Pendidikan Indonesia). Dipandu oleh Moderator Sahira Zahra Ghassani dan dengan Juru Bahasa Isyarat Siti Kusherkatun, SPdI.

“Bagi yang berminat untuk bergabung silahkan mendaftarkan diri melalui tautan https://s.id/pendidikan_sumsel0903,” tukas Suryati Ali. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: