Honda

Jelang Ramadan, Tim Inflasi Pantau Stok dan Harga Kebutuhan Pokok di Pasar

Jelang Ramadan, Tim Inflasi Pantau Stok dan Harga Kebutuhan Pokok di Pasar

Tim inflasi Empat Lawang memantau ketersediaan barang dan harga di Pasar Pulo Mas Tebing Tinggi.-Eko Palpres.com-

EMPAT LAWANG,PALPRES.COM – Menjelang kedatangan bulan suci Ramadan 2023, setiap tahunnya harga-harga kebutuhan pokok masyarakat biasanya mengalami kenaikan. 

Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang melakukan pemantauan stok ketersedian pangan menjelang bulan suci Ramadan 1444 H yang tidak akan lama lagi datang.

Kepala Bagian (Kabag) Ekobang Setda Empat Lawang, Haris Suhaimi mengungkapkan, pihaknya bersama Tim Inflansi Daerah Empat Lawang melakukan kegiatan pemantauan stok pangan di Pasar Pulo Mas Tebing Tinggi, dalam rangka menindaklanjuti hasil keputusan Menteri Dalam Negeri.

Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa toko-toko masih banyak ketersediaan barang-barang kebutuhan pokok seperti sembako dan yang lainya.

BACA JUGA:Emak-emak Pemilik KIS Cek Nama Disini! Bakal Ada 4 BLT yang Akan Cair Jelang Ramadan 2023

"Setelah kita cek dengan stok yang ada ini mudah-mudahan bisa menjamin untuk persiapan bulan puasa dan hari raya mendatang," kata Haris.

Lebih lanjut Haris menyebut, utuk harga berdasarkan pemantauan pihaknya di lapangan untuk saat ini masih terbilang stabil. 

Memang diakuinya, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga tapi itu tidak terlalu berpengaruh terhadap pembeli.

"Kenaikan harga tersebut adalah karena kurangnya stok barang atau barang tersebut langka, namun pembeli masih banyak. Di situlah harga bisa naik," ucapnya.

BACA JUGA:Mantap! BLT BPNT Sembako Juga Cair Duluan di 83 Daerah Ini

Banyak permintaan dengan stok barang sedikit sudah tentu harga akan naik.

“Itu sudah mekanismenya ada permintaan tinggi penawaran pasar akan tinggi, akan tetapi kenaikan harga tersebut haruslah yang sewajarnya,” ujarnya pula.

Ditambahkan, untuk memantau dan mengantisipasi kenaikan harga tersebut, pihaknya selalu memantau dan memonitor pergerakan harga di sejumlah pasar di Empat Lawang

“Nanti mendekati Ramadhan petugas kita akan melakukan pemantauan harga bahan pokok di beberapa titik lain diseluruh Empat Lawang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: