Honda

Air Belum Kunjung Surut, Anggota Babinsa Kodim 0405/Lahat Pantau Situasi Banjir

Air Belum Kunjung Surut, Anggota Babinsa Kodim 0405/Lahat Pantau Situasi Banjir

Anggota Babinsa Kodim 0405/Lahat memantau kondisi banjir bandang yang menerjang sejumlah kecamatan, Kamis 9 Maret 2023. -PENDIM 0405/LAHAT FOR PALPRES-palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM - Hujan deras yang yang mengguyur Kabupaten LAHAT sejak dinihari tadi, menyebabkan beberapa sungai di LAHAT meluap, seperti Sungai Lim di Desa Tanjung Sirih, Kecamatan Pulau Pinang. 

Ketinggian air diperkirakan mencapai 1 meter yang meluap ke kebun dan pemukiman warga, hingga ke badan jalan.

Akibatnya jalan lintas Pagaralam-Lahat untuk saat ini tidak dapat dilalui oleh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Danramil 405-07/Pulau Pinang, Kapten Inf Sudarno melalui Bati Tuud, Serma Demi membenarkan, hingga saat ini hujan belum juga reda dan debit air juga belum terlihat adanya penurunan.

BACA JUGA:HORE! Penerima BLT BPNT Sembako dan PKH Dapat Bansos Tambahan 3 Bulan, Cair Jelang Lebaran 2023

Untuk itu, pihaknya terus memantau perkembangan situasi dilapangan.

"Sampai pukul 10.15 WIB debit air belum menunjukan adanya penurunan, sehingga kita terus memonitor perkembangannya," terangnya, Kamis 9 Maret 2023.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk sementara agar mengungsi ke rumah kerabat yang tidak terdampak banjir, sampai situasi benar-benar dirasa aman.

"Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kami mengimbau kepada masyarakat yang terdampak banjir untuk sementara mengungsi ke rumah kerabat yang aman dari banjir, sampai situasi benar-benar dirasa aman," ungkap Serma Demi.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ada 2 BLT Terbaru yang Akan Cair Jelang Lebaran 2023, Simak Cara Dapatnya

Serma Demi menuturkan, untuk korban jiwa tidak ada, namun kerugian materiil untuk saat ini belum bisa ditaksir karena masih ada beberapa rumah yang terendam banjir.

"Pastinya untuk kerugian materil banyak nominalnya, terpenting mencari titik akan dahulu sebab banyak sekali rumah penduduk terendam air," tandasnya.

Senada, Dandim 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP melalui Pasiter, Kapten Kav Dwi Satrio menerangkan, tidak hanya di Tanjung Sirih, beberapa desa di kecamatan lainnya terpantau banjir dan tanah longsor.

"Hujan yang deras semalam penyebab meningkatnya air sungai, baik itu di Desa Keban Agung, Kecamatan Mulak Sebingkai, Lesung Batu, Kecamatan Mulak Ulu, Kecamatan Jarai," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com