Honda

Siaga Banjir Kiriman Lahat, Warga Pinggir Sungai Lematang Dihimbau Ungsikan Barang Berharga

Siaga Banjir Kiriman Lahat, Warga Pinggir Sungai Lematang Dihimbau Ungsikan Barang Berharga

Warga Desa Curup Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dihimbau siaga dengan musibah banjir yang terjadi di Kabupaten Lahat yang terjadi Kamis 9 Maret 2023.-Dok Palpres-Palpres.com

PALI, PALPRES.COM- Lantaran menjadi daerah langganan banjir, maka warga Desa Curup Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dihimbau siaga dengan musibah banjir yang terjadi di Kabupaten Lahat yang terjadi Kamis 9 Maret 2023.

Himbauan itu disampaikan Kepala Desa (Kades) Curup, M Tisar. Ia mengatakan, biasanya apabila daerah hulu Sungai Lematang meluap, seperti di Lahat atau Muara Enim, selang beberapa hari Desa Curup mendapat kiriman. 

“Desa kami merupakan daerah terendah di Kabupaten PALI yang berada persis di pinggir Sungai Lematang. Hari ini (Kamis, red) banjir terjadi di Kabupaten Lahat. Makanya, kami mengeluarkan himbauan agar warga siaga untuk menghadapi banjir kiriman," ucapnya saat dihubungi, Kamis 9 Maret 2023.

Ia juga menyarankan warganya, agar mengevakuasi kendaraan bermotor ke tempat yang lebih tinggi. 

BACA JUGA:11 Pucuk Senpira Diserahkan ke Polres Oleh Ormas Pemuda di Kabupaten PALI, ini Buktinya

“Terutama yang rumahnya dekat dengan bibir sungai. Itu untuk menghindari kendaraannya terendam. Jadi dari sekarang harus evakuasi ke tempat yang lebih tinggi," sarannya. 

Tisar mengaku jika pada pekan lalu desanya baru saja terendam akibat curah hujan cukup tinggi. Dimana, ada ratusan rumah terendam pekan lalu, namun untuk saat ini kondisi air sudah surut. 

“Tapi, dengan adanya kabar di Lahat banjir, kami kembali siaga. Karena memang desa kami selalu dapat kiriman dari hulu Sungai Lematang," jelasnya.

Sementara, Kabid Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bencana BPBD Kabupaten PALI, Kartika Sari Anwar mengatakan, pihaknya terus melakukan monitor kondisi air di Sungai Lematang. 

BACA JUGA:HORE! Penerima BLT BPNT Sembako dan PKH Dapat Bansos Tambahan 3 Bulan, Cair Jelang Lebaran 2023

Termasuk juga terus berkoordinasi dengan Kades yang wilayahnya dekat dengan Sungai Lematang. Karena biasanya, apabila wilayah Lahat atau Muara Enim banjir, maka Desa Curup juga desa-desa di dekat Sungai Lematang terkena banjir kiriman.

“Kami sudah menyampaikan himbauan kepada Kades yang wilayahnya berada tak jauh dari Sungai Lematang agar terus berkoordinasi dengan BPBD,” katanya.

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten terhadap kesulitan warga yang terdampak banjir, Kartika Sari menerangkan, pihaknya BPBD bersama Dinsos PALI akan membagikan bantuan sembako. 

BACA JUGA:Pemkab PALI Berikan Paket Sembako Bagi Puluhan Warga Transmigrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: