Honda

Menjawab Keinginan Masyarakat, Pemkab Muratara Lakukan Hal ini Untuk Pengendalian Hama Duku

Menjawab Keinginan Masyarakat, Pemkab Muratara Lakukan Hal ini Untuk Pengendalian Hama Duku

Dinas Pertanian dan Perikanan bersama tim ahli pengendalian hama pohon duku melakukan penelitian.-Hengki Palpres.com-

MURATARA, PALPRES.COMPemkab Muratara melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara mendatangkan tenaga ahli pengendalian hama yang menyerang pohoh duku dibeberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Muratara.

Dengan mendatangkan ahli pengendalian hama, untuk menjawab keinginan masyarakat yang sudah lama keluh kesah, melihat banyak pohon duku kerdil bahkan mati.

Sebab, di Kabupaten Muratara duku menjadi penunjang kehidupan. Tak heran hampir setiap rumah warga memiliki kebun pohon duku.

Bahkan nama duku asal Kabupaten Muratara cukup di kenal di Sumsel bahkan sampai ke Nasional, namun seiring waktu banyak tanaman duku yang ada di Kabupaten Muratara mengalami sakit dan mati.

BACA JUGA:BLT BSU Ketenagakerjaan 2023 Belum Jelas, Pekerja Masih Bisa Dapat BLT Rp700.000

"Iya kita sengaja mendapatkan ahli pengendalian hama pada pohon duku. Kebetulan lokus hari ini kita turun di Desa Lubuk Kemang, Kecamatan Rawas Ulu,"kata Kepala Dispertanikan Ade Meiri Siswi, Sabtu 18 Maret 2023.

Ia menyebut dengan adanya perlakuan demplot pengendalian penyakit duku, besar harapan bisa menjawab semua keluhan masyarakat serta dapat melakukan pengendalian hama penyakit duku sehingga tidak ada lagi pohon duku kerdil, bahkan mati.

"Kita berharap duku akan kembali mengharumkan nama baik Muratara dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat kita,"ujar Ade.

Nasrun (46) salah satu pemilik kebun pohon duku mengharapkan dengan ada nya tim ahli ini dapat mengobati penyakit duku.

BACA JUGA:Gak Nyangka! Koin Rp50 Komodo Dihargai Jutaan Rupiah, Kamu Punya?

"Apabila penyakit duku ini bisa di obati, maka kami sangat ingin memperluas kebun pohon duku. Yang sudah akan saya tambah,"jelasnya.

Sementara salah seorang ahli pengendalian hama pohon duku Syamsul mengatakan batang duku yang terkena penyakit akan di kendalikan dengan menabur dekomposer bersamaan dengan bahan organik kotaran hewan trikoderma.

"Dari hasil penelitian kami tadi ditemukan pohon duku di serang jamur batang. Obatnya itu tadi dekomposer bersamaan dengan bahan organik kotaran hewan trikoderma,"katanya.

Belum lama ini Pemerintah Kabupaten Muratara untuk mempertahankan pohon duku, Pemerintah Kabupaten Muratara melakukan tanam duku untuk peremajaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: