Honda

Pelajar MTs/SMP Sederajat di Kabupaten Empat Lawang Wajib Bisa Baca Tulis Alquran

Pelajar MTs/SMP Sederajat di Kabupaten Empat Lawang Wajib Bisa Baca Tulis Alquran

Kantod Disdikbud Empat Lawang-Istimewa-

EMPAT LAWANG,PALPRES.COM – Para pelajar tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau SMP sederajat diwajibkan bisa membaca dan menulis Alquran.  

Guna meningkatkan mutu pendidikan yang dilandasi nilai moral dan keimanan, Pemerintah Kabupaten Empat Lawang kembali menegaskan hal tersebut akan mendukung cita-cita menuju Empat Lawang yang agamis.

“Dengan pengenalan pendidikan keagamaan, terutama dalam membaca Alquran para siswa akan lebih memahami pendidikan dengan baik. Karena sejak usia dini sudah dibekali dengan keimanan dan ketaqwaan, sehingga dalam perkembangannya SDM di Empat Lawang dapat lebih baik,” ungkap Kepala Disdikbud Empat Lawang, Drs Jon Heri.

Dijelaskannya, pihaknya terus menyampaikan hal ini kepada segenap sekolah di Empat Lawang, terutama jenjang pendidikan Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah (MI).

BACA JUGA:2 BLT Ini Dipastikan Cair Rp600.000 Sebelum Lebaran 1444 H, Cek Nama Penerima Disini!

SD/MI harus memperhatikan pendidikan sejak usia dini. Membekali anak-anak dengan pendidikan keagamaan.

Selanjutnya setelah memasuki jenjang pendidikan menengah, para siswa itu telah memahami dasar pendidikan keagamaan dan para guru agama hanya menambahkan pemahaman lanjutan.

“Memang sangat disayangkan jika pada pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA), masih belum bisa membaca Alquran. 

Upaya yang dilakukan oleh Disdikbud untuk bisa membaca Alquran, dengan memberikan penghargaan kepada segenap Ustad dan Ustadzah atau guru mengaji,” terangnya seraya mengatakan, peran aktif dari orang tua juga dapat mendukung, memberikan motivasi bagi anak untuk belajar Alquran sejak usia dini.

BACA JUGA:Ini 5 Cara Menjual Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Agar Laku Jutaan Rupiah, Yakin Tokcer!

Perkembangan zaman dan tekhnologi dapat memberikan dampak positif dan negatif dalam perkembangan anak-anak.

Karenanya sangat perlu bimbingan dan arahan yang baik, terutama dalam nilai norma dan keimanan agar tdak terjerumus dalam hal negatif.

Jenjang pendidikan SMP/ MTs merupakan langkah awal, menuju perkembangan mental dan kemampuan seseorang.

“Karena pendidikan sifatnya adalah investasi jangka panjang, maka dengan pendidikan yang baik Insyaallah ke depan SDM dapat lebih baik juga. Minimal dapat membaca dan mengenal huruf Al Quran,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: