Honda

Waspada Penyakit Hati, Ustaz Abdul Somad: Dosanya Hapus Amal Ibadah

Waspada Penyakit Hati, Ustaz Abdul Somad: Dosanya Hapus Amal Ibadah

Waspada Penyakit Hati, Ustaz Abdul Somad: Dosanya Hapus Amal Ibadah--Kanal YouTube Taman Surga Net

BACA JUGA:Ingin Menjadi Sosok yang Bermanfaat, Temukan Kunci Jawabannya di Tabligh AKbar Ustadz Firanda Andirja

Penyakit hati yang satu ini membuat seseorang merasa tidak suka dengan nikmat yang telah Allah berikan kepada orang lain.

Lebih jauh lagi, Syaikul Islam Ibnu Taimiyyah mengatakan bahwa hasad juga diiringi harapan agar nikmat tersebut hilang dari orang lain.

Hasad itu akan melahap kebaikan seseorang sebagaimana api melahap kayu bakar yang kering karena biasanya orang yang hasad itu akan melanggar hak-hak orang yang tidak dia sukai dengan menyebutkan kejelekan-kejelekannya, berupaya agar orang lain membencinya, merendahkan martabatnya dan lainnya.

Ini semua adalah dosa besar yang bisa melahap habis berbagai kebaikan yang ada.

Untuk itulah, sebagai umat muslim kita harus berusaha untuk menghindari hasad dan memperbaiki hati kita agar lebih ikhlas dan sabar dalam menjalani kehidupan.

BACA JUGA:Niat Puasa dan Doa Berbuka Puasa Ramadan Beserta Artinya dan Keutamaannya

Salah satu cara untuk memperbaiki hati yang terkena hasad adalah dengan memperbanyak istighfar dan terus berdoa kepada Allah SWT serta meningkatkan kegiatan sosial yang bermanfaat untuk orang lain.

Selain itu, penting untuk menjaga hubungan kita dengan sesama muslim agar tidak terjadi iri hati atau hasad. Kita juga harus menghindari perilaku yang dapat memicu hasad seperti membanggakan diri atau merendahkan orang lain.

Untuk menghindari penyakit hasad, Ustadz Abdul Somad menyarankan untuk memulai dengan selalu mengingatkan diri sendiri bahwa semua nikmat yang kita miliki berasal dari Allah SWT.

"Kita harus senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang diberikan dan tidak merasa iri atau tidak senang melihat orang lain mendapatkan nikmat yang lebih besar dari kita," katanya.

Selain itu, Ustadz Abdul Somad juga menyarankan untuk selalu berusaha meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Kita harus selalu mengingat bahwa Allah SWT melihat segala perbuatan kita, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat.

BACA JUGA:Sahkah Puasa Pasutri Bangun Kesiangan Usai Hubungan Intim? Ini Kata Ustadz Abdul Somad

Dengan begitu, kita akan selalu berusaha untuk memperbaiki diri sendiri dan menghindari perbuatan yang tidak baik.

Intinya, penyakit hasad adalah dosa hati yang sangat mengerikan dan bisa menghambat pahala ibadah kita, termasuk di dalamnya adalah puasa Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: