Honda

Air Rebusan Si Mungil ini Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Air Rebusan Si Mungil ini Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Air Rebusan Si Mungil ini Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh Kita-YT Riska Kaka-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Ketumbar adalah rempah yang biasa digunakan untuk bumbu masakan, akan tetapi memiliki manfaat bagi kesehatan bagi tubuh kita.

Biji ketumbar adalah rempah kaya nutrisi yang mengandung serat, antioksidan, vitamin B, vitamin C, kalium, tembaga, magnesium, mangan, seng, zat besi, dan kalsium.

Ketumbar adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak. 

Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Ketumbar mempunyai aroma yang khas.

 

BACA JUGA:Kayu Secang Dengan Segudang Manfaat Begini Cara Mengonsumsinya

Dilansir dari berbagi sumber berikut manfaat biji ketumbar bagi kesehatan tubuh kita.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ketumbar memiliki beberapa antioksidan, yang mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan telah terbukti untuk melawan peradangan dalam tubuh. 

Menurut penelitian tabung reaksi dan pada hewan menemukan senyawa antioksidan (seperti terpinene, quercetin, dan tokoferol) yang berpotensi memiliki antikanker, meningkatkan kekebalan tubuh, dan efek neuroprotektif. 

Suatu studi dalam tabung reaksi menemukan bahwa antioksidan dalam ekstrak biji ketumbar menurunkan peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.

 

BACA JUGA:5 Manfaat Masker Putih Telur Bagi Wajah, Murah dan Mudah Juga untuk Dibuat

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Air ketumbar juga memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiradang, manfaat ini menjadikan air ketumbar dapat digunakan sebagi obat alami untuk mengatasi gangguan pencernaan.

3.  Menurunkan kadar gula darah

Beberapa riset menunjukkan bahawa ekstrak ketumbar dan air ketumbar mampu meningkatkan produksi dan kinerja hormon insulin, sehingga kadar gula darah bisa terkontrol.

 

BACA JUGA:Manfaat Buah Naga untuk Tubuh

4. Menjaga kesehatan jantung

Ketumbar sangat baik yang dikonsumsi langsung atau sebagai air rebusan ketumbar, juga baik untuk kesehatan jantung.

Ini karena ketumbar dapat mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga baik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

5. Melawan efek radikal bebas

Senyawa fitokimia pada ketumbar, seperti terpinene, quercetine, lutein dan flavonoid, memiliki sifat antioksidan yang cukup kuat.

Antioksidan tersebut berfungsi untuk melawan efek radikal bebas pada tubuh.

 

BACA JUGA:Olahan Kentang Disulap Jadi Lauk Sahur Begini Cara Bikinnya

6 Melawan infeksi

Selain antiokasidan, ketumbar juga mengandung senyawa yang bersifat antibakteri atau antimikroba, yakni dodecanal.

Senyawa ini disebut bisa melawan dan membasmi bakteri penyebab diare  dan keracunan makanan, misalnya ecoli dan salmonella.

Tidak hanya itu, air ketumbar juga disebut mampu melawan bakteri penyebab infeksi saluran kemih (ISK).

Nah teman-teman rincian diatas merupakan manfaat dari ketumbar, ingat minumnya jangan berlebih juga ya, karena yang berlebih tidak baik juga untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: