Honda

Webinar Literasi Digital Kemenkominfo Edukasi Menjadi Pengguna Medsos Bijak, Kreatif dan Inovatif

Webinar Literasi Digital Kemenkominfo Edukasi Menjadi Pengguna Medsos Bijak, Kreatif dan Inovatif

Webinar Literasi Digital di SMAN 5 Prabumulih pada Jumat (31/3/2023) nanti mengangkat tema “Menjadi Pengguna Media Sosial Yang Bijak, Kreatif dan Inovatif”.--kemenkominfo ri

PRABUMULIH - Rangkaian Webinar Literasi Digital 2023 Wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) berakhir di Kota Prabumulih.

Mengangkat tema “Menjadi Pengguna Media Sosial Yang Bijak, Kreatif dan Inovatif”, webinar diselenggarakan Jumat, 31 Maret 2023 pukul 14.00-16.00 WIB.

Diketahui, webinar ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) menggandeng Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Prabumulih yang akan melibatkan para siswanya sebagai audiens.

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Kemenkominfo ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif.

BACA JUGA:Kemenkominfo Edukasi Siswa SMAN 7 Prabumulih tentang Tantangan Hoaks Dalam Dunia Pendidikan

Sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Berdasar catatan Kemenkominfo, pengguna internet di Indonesia pada awal 2022 mencapai 204,7 juta orang atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya.

Hanya saja penggunaan internet tersebut membawa berbagai risiko, karena itu peningkatan penggunaan teknologi internet perlu diimbangi dengan kemampuan literasi digital yang baik agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan bijak dan tepat.

Survei Indeks Literasi Digital Nasional oleh Kemenkominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Katadata Insight Center pada 2021 menunjukkan tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada pada angka 3,49 dari 5,00.

BACA JUGA:Webinar Literasi Digital di SMPN 8 Prabumulih Bimbing Cara Mudah Bikin Tugas

Setahun berikutnya, hasil survei Indeks Literasi Digital Nasional mengalami kenaikan dari 3,49 poin menjadi 3,54 poin dari skala 5,00.

Menurut Direktur Jenderal (Dijen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo RI Semuel Abrijani Pangerapan, indeks literasi digital Indonesia belum mencapai kategori baik.

“Angka ini perlu terus kita tingkatkan dan menjadi tugas kita bersama untuk membekali masyarakat kita dengan kemampuan literasi digital,” jelasnya belum lama ini.

Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: