Honda

Webinar Literasi Digital di SMPN 8 Prabumulih Bimbing Cara Mudah Bikin Tugas

Webinar Literasi Digital di SMPN 8 Prabumulih Bimbing Cara Mudah Bikin Tugas

Webinar Literasi Digital di SMP Negeri 8 Prabumulih pada 29 Maret 2023 nanti bakal mengajarkan cara bikin tugas jadi mudah bila cakap digital. --kemenkominfo ri

PRABUMULIH – Webinar Literasi Digital 2023 wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) sesi kelima rencananya dipusatkan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 8 Prabumulih.

Pelaksanaan webinar dijadwalkan pada Rabu, 29 Maret 2023 pukul 10.00-12.00 WIB mengangkat tema “Bikin tugas jadi mudah bila cakap digital”.

Webinar kali ini cocok bagi anda para siswa atau mahasiswa yang masih kesulitan bikin tugas sekolah atau tugas kuliah.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) dengan SMPN 8 Prabumulih dengan melibatkan para siswa sebagai audiensnya.

BACA JUGA:Ketua MKKS SMA Ogan Ilir Ingatkan Beretika di Media Sosial lewat Webinar Literasi Digital

Penyelenggaran webinar secara massif oleh Kemenkominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif.

Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Kemenkominfo mencatat, pengguna internet di Indonesia pada awal tahun 2022 mencapai 204,7 juta orang atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya.

Hanya saja penggunaan internet tersebut membawa berbagai risiko, karena itu peningkatan penggunaan teknologi internet perlu diimbangi dengan kemampuan literasi digital yang baik agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan bijak dan tepat.

BACA JUGA:Kemenkominfo Edukasi Pelajar SMA di Ogan Ilir tentang Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital

Berdasar Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 menunjukkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada pada angka 3,49 dari 5,00.

Kemudian pada tahun 2022, hasil survei Indeks Literasi Digital Nasional mengalami kenaikan dari 3,49 poin menjadi 3,54 poin dari skala 5,00.

Pemerintah meyakini hasil ini menunjukkan bahwa literasi digital masyarakat Indonesia saat ini berada di kategori sedang dibanding tahun lalu.

Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo RI Semuel Abrijani Pangerapan menilai indeks literasi digital Indonesia belum mencapai kategori baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: