Honda

Terkait Cuaca Panas Ekstrim, Pj Bupati Muba Beri Himbauan Begini

Terkait Cuaca Panas Ekstrim, Pj Bupati Muba Beri Himbauan Begini

Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud.-Kominfo Muba For Palpres.com-palpres.com

MUBA,PALPRES.COM- Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan Drs Apriyadi MSi menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan badan terutama diluar ruangan.

Himbauan itu lantaran, beberapa pekan terakhir kondisi cuaca panas ekstrim melanda Indonesia terlebih lagi di Kabupaten Muba.

“Memang cuaca panas beberapa hari ini tidak seperti biasanya. Untuk itu, mari kita perbanyak minum air putih dan pakai tabir surya agar terhindar dari dampak cuaca panas ketika sedang atau sering berada di luar ruangan,” imbau Apriyadi.

Selain itu, Apriyadi minta agar Dinkes terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mengonsumsi banyak air putih dan penggunaan tabir surya untuk kulit.

BACA JUGA:MANTAP! Penerima Bansos Akan Dapat BLT Dobel Cair, Cek Daftar Penerima Disini

"Saya berharap tidak ada satupun masyarakat di Kabupaten Muba yang terdampak akibat cuaca panas saat ini. 

Saya minta kepada Dinkes Muba untuk menyebarluaskan panduan Kemenkes dalam menghadapi cuaca panas ini kepada masyarakat baik melalui media online ataupun lain sebagainya. 

Karena, kesehatan masyarakat adalah harus diutamakan,"tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin, dr. Azmi Dariusmansyah, MARS, menjelaskan bahwa berdasaran data BMKG Sumatera Selatan pada laman website bmkg.go.id tanggal 26 April 2023 Kabupaten Muba khususnya di Kecamatan Sekayu pada pukul 19.00 WIB sampai 22.00 WIB berada pada suhu 26oC akan hujan sedang dengan kelembaban 90 persen.

BACA JUGA:Penerima BLT BPNT Sembako Dapat PKH Dobel Cair Sampai H - 1 Lebaran 2023, Cek Faktanya!

Pada tanggal 27 April 2023 akan berawan pada suhu 23oC di pukul 01.00 WIB – 04.00 WIB, cerah berawan dan semakin terik pada suhu 27Oc -32oc di pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB dan akan hujan ringan pada pukul 19.00 WIB – 22.00 WIB pada suhu rata-rata 26oC.  Pada tanggal 28 April 2023 siklus perubahan cuacanya juga sama.

Untuk itu, ia menghimbau agar masyarakat tetap waspada dengan cuaca ekstrem dengan tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ketika beraktifitas baik di dalam maupun diluar ruangan.

Menurutnya, perubahan suhu yang mendadak dan terlalu ekstrem, baik itu dingin atau panas, dapat menimbulkan stress pada tubuh. 

“Adapun stres akibat paparan suhu ekstrem dapat menyebabkan kulit dan mata kering serta selaput lendir di dalam hidung membengkak,"terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: