Honda

PERHATIAN! Ini Jarak Aman Bangunan Tinggi dari Jaringan Listrik PLN

PERHATIAN!  Ini Jarak Aman Bangunan Tinggi dari Jaringan Listrik PLN

-PLN UP3 OI-

INDRALAYA, PALPRES.COM – Belakangan ini, banyaknya kejadian buruh bangunan yang tersengat atau kesetrum aliran listrik, saat bekerja membangun ruko, toko, rumah, serta bangunan-bangunan yang tinggi.

Kondisi itu membuat PLN Unit Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan (UP3) Ogan Ilir mengeluarkan imbauan, terkait cara aman membangun toko atau ruko rumah yang tinggi.

Manajer UP3  Ogan IIir, Sanggam P Sinaga melalui Asisten Manajer Jaringan dan Konstruksi UP3 Ogan Ilir, Firdaus Setiawan, menjelaskan bahwa dalam membangun bangunan tinggi harus berjarak minimal 3 meter dari jaringan listrik PLN.

"Pastikan jarak aman minimal 3 meter pada saat pembangunan bangunan tinggi, seperti rumah bertingkat atau ruko dan lain-lain, yang berdekatan dengan jaringan listrik PLN," ujarnya pada palpres.com, Jumat 28 April 2023.

BACA JUGA:DICARI! Koin Kuno Rp100 Rumah Gadang, Harganya Setara Honda BeAT, Hubungi Kolektor Ini

Dijelaskannya, tegangan listrik dengan tegangan 20.000 Vol yang lazim dikenal di masyarakat "kabel induk 3 lembar" memiliki induksi yang kuat dan berbahaya.

"Maksudnya adalah dengan tegangan yang tinggi tersebut, maka efek yang ditimbulkan cukup berbahaya, baik lingkungan, ataupun keselamatan manusia," terangnya.

Secara umum katanya, terjadi di masyarakat umum, paradigma mengenai "listrik akan bisa dijinakkan dengan kayu kering". 

"Ini tidak berlaku untuk tegangan 20000 V ini," katanya.

BACA JUGA:Pemilik KIS dengan 4 Ciri Ini Dapat BLT Dobel Setelah Lebaran, Cek Namamu Disini!

Dikatakannya, karena pada praktiknya listrik 20000 V harus menggunakan peralatan isolasi listrik minimal tahan dari listrik 35 000 Volt. 

"Yang mana sebatang kayu kering tidak akan cukup menahan tersebut," ujarnya.

Sebagai alternatif pengamanan, lanjutnya, agar pekerjaan masyarakat, baik bangunan, mendirikan tenda, serta tanaman produktif seperti karet, sawit, duku dan lainnya, agar menjauh dari kabel bertegangan 20000 V tersebut seminimalnya 3 Meter. 

Tujuannya, mengamankan object di sekitar kabel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com