Honda

Alokasikan 24,2 Persen ABPD Muba Untuk Sektor Pendidikan, Ini Hasilnya?

Alokasikan 24,2 Persen ABPD Muba Untuk Sektor Pendidikan, Ini Hasilnya?

Ilustrasi Alokasi APBD Muba Untuk Sektor Pendidikan.-Istimewa-

MUBA,PALPRES.COM- Pada tahun anggaran 2022 lalu, Pemkab Musi Banyuasin (Muba) telah menganggarkan 24,2 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk sektor pendidikan.

Beberapa program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya guru telah dilakukan Pemkab Muba melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Tidak hanya itu saja, pemenuhan sarana dan prasarana juga dilakukan serta peningkatkan kesejahteraan guru maupun tenaga pendidik.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disdikbud Muba, Drs Iskandra Syahrianto pada Senin 1 Mei 2023.

BACA JUGA:DICARI! Koin Kuno Rp100 Rumah Gadang, Harganya Setara Honda BeAT, Hubungi Kolektor Ini

"Banyak upaya yang telah dilakukan dan komitmen dalam penyediaan mandatori spanding minimal 20%, tahun 2023 ini menjadi momentum untuk peningkatan kualitas Guru dan tenaga kependidikan dengan pelatihan bagi 1000 guru atas kerjasama dengan Balai Guru Penggerak (BGP) dan Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP)," ujarnya.

Saat ini tercatat ada 4787 orang tenaga pendidikan yang terdaftar sebagai ASN atau PPPK, dan 5390 non ASN di Kabupaten Muba.

Peningkatan pendidikan juga ditunjukkan melalui beberapa program diantaranya peningkatan kualitas sarana prasarana khususnya teknologi di sekolah-sekolah dalam wilayah Kabupaten Muba serta program beasiswa untuk guru, siswa dan mahasiswa.

"Sekarang ada total 1116 mahasiswa berprestasi, 30 mahasiswa santri dan 28 mahasiswa dari Sampoerna University telah menerima bantuan beasiswa sejak tahun 2021," bebernya.

BACA JUGA:BLT BPNT Sembako Cair Via Kantor Pos Awal Mei Ini di 83 Daerah, Cek Disini!

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa perjalanan Kabupaten Muba dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan merata masih panjang, masih banyak pembenahan yang perlu dilakukan, untuk itu harus diselesaikan secara bersama-sama.

"Kerjasama dan koordinasi harus terus kita lakukan demi menciptakan generasi penerus yang kompeten berakhlak mulia dan berdedikasi untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Muba," tandasnya.

Di kesempatan lain, Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi menyampaikan bahwa Pemkab Muba akan terus memperhatikan pembangunan dunia pendidikan, oleh karena itu perlu didukung serta kerjasama oleh seluruh komponen.

"Kita harus saling bahu-membahu dari semua pihak dan pemerintah akan secara bertahap dan terencana sudah memprogramkan berbagai kegiatan untuk mewujudkan pendidikan yang merata dan berkualitas," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: