Honda

CJH Pagaralam Mayoritas Lansia dan Berisiko Tinggi, Dinkes Bimbing Pelatihan Fisik

CJH Pagaralam Mayoritas Lansia dan Berisiko Tinggi, Dinkes Bimbing Pelatihan Fisik

Bimbingan pelatihan fisik bagi CJH yang dilakukan Dinkes Pagaralam-PALPRES.COM-

PAGARALAM, PALPRES.COM - Sebanyak 107 orang tercatat sebagai Calon Jamaah Haji (CJH) Kota PAGARALAM.

Kepala Kankemenag Kota Pagaralam, H Santoso melalui Kasi Pelayanan Ibadah Haji dan Umroh, H Silahuddin menyebutkan, hal itu berdasarkan pada rekapitulasi data jamaah haji Pagaralam yang resmi.

Menurut Silahuddin, ada sebanyak 89 orang, cadangan lunas 1 ada 11 orang dan tunda 1 orang, serta cadangan lunas 2 ada 13 orang dan tunda 5 orang jamaah haji reguler, sehingga secara keseluruhan untuk CJH Kota Pagaralam ada 107 orang di tahun 2023.

Mayoritas jemaah haji Pagaralam masuk dalam kategori lansia dan termasuk dalam jamaah haji risiko tinggi (risti).

BACA JUGA:Dukung Palpres Baca Koran, Kapolda Sumsel Sepakat Sinergi

Sejauh ini, kata Silahuddin, pihaknya telah menggelar Bimbingan Manasik Haji bagi Jamaah Haji reguler tahun 2023 tingkat Kota Pagaralam, dengan tema ‘Manasik Haji Ramah Lansia’ yang menjadi tema penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2023 oleh Kementerian Agama.

Persiapan bagi para jemaah haji tersebut terus dipersiapkan untuk mendapatkan tubuh yang bugar selama pelaksanaan ibadah haji di tanah suci nanti.  Calon Jamaah Haji (CJH) harus mempersiapkan jauh-jauh hari, dengan cara berlatih fisik dan juga berolahraga.

Latihan fisik yang dilakukan, tentunya harus sesuai dengan porsi atau kondisi fisik masing-masing CJH.

“Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Pagaralam bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pagaralam menggelar latihan fisik kepada para CJH, berlangsung di halaman Kantor Dinkes Kota Pagaralam,” kata Silahuddin.

BACA JUGA:PERHATIAN! Modal KK, Pemilik e-KTP Bisa Dapat BLT BPNT Sembako Rp400.000, Cair Via ATM

Sebagaimana diberitakan sebelum ini kegiatan pelatihan fisik tersebut sudah dilakukan di halaman kantor Dinas Kesehatan Kota Pagaralam.

“Giat ini ditujukan untuk mengetahui kebugaran tubuh CJH, apakah dalam kategori baik, cukup atau kurang.

Selanjutnya, masing-masing CJH akan mendapatkan rekomendasi latihan fisik dari dokter, sehingga latihan fisik yang dilakukan sesuai dengan porsi atau kondisi fisik masing-masing CJH,” ujar Kepala Dinkes Kota Pagaralam, Desi Elviani SE MM melalui Sekretaris Yodhi, Senin 15 Mei 2023.

Pada kegiatan ini, kata Yodhi, seluruh CJH mengikuti pengukuran kebugaran, diperiksa tekanan darah dan dilakukan screening kelayakan terlebih dahulu. “Ada 2 metode pengukuran kebugaran, yang digunakan yaitu metode Rockport (jalan atau lari sejauh 1,6 Km) atau metode jalan 6 menit,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: