Honda

Alhamdulillah Harga Kopi Naik di Empat Lawang Naik, Petani Pun Bergairah

Alhamdulillah Harga Kopi Naik di Empat Lawang Naik, Petani Pun Bergairah

Petani kopi di Kabupaten Empat Lawang sedang menjemur kopi--

EMPAT LAWANG, PALEMBANG EKSPRES- Kabar gembira bagi petani kopi di Kabupaten Empat Lawang dan sekitarnya, sebab harga kopi mengalami kenaikan cukup signifikan, bahkan saat initembus Rp35 ribu per kilogram, naik jauh dari sebelumnya hanya Rp25 ribu.

Tentunya dengan harga tinggi itu, membuat petani Kopi di bumi Saling Keruani Sangi Kerawati bergairah, adalah Rukmini (50), salah satu petani Kopi mengatakan, harga saat ini terbilang cukup tinggi, sehingga membuat dirinya dan petani Kopi lain merasa senang. 

“Alhamdulillah baru kali ini Kopi harganya sangat mahal mencapai Rp35 ribu per kilogram,” katanya, Senin 5 Juni 2023.

Ia menjelaskan, tanda-tanda mulai membaiknya harga Kopi di tingkat petani ini mulai dirasakan dua minggu terakhir ini, tentunya membuat petani bergairah kembali, dan berharap harga kopi tidak mengalami penurunan kembali.

BACA JUGA:Ungkap Kasus 845 Gram Ganja, Sutioso Dapat Penghargaan Ini

“Harga jual di tingkat petani yang mengalami peningkatan ini tentunya berdampak pada perekonomian, hal ini juga memacu kami petani untuk lebih giat bekerja setelah sempat lesuh karena harga tidak kunjung membaik, sementara pengeluaran biaya pengolahan dan perawatan kebun cukup besar,” bebernya.

Sementara itu, Adi salah satu tauke Kopi di Empat Lawang mengatakan, jika dirinya membeli kopi dengan petani langsung, lalu di jual kembali ke tauke besar di daerah Provinsi Lampung.

“Kita beli dari petani harga Rp35 ribu, kalu di jual kembali ke pengepul atau pabrik seharga Rp36 ribu,” katanya. (koe)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: